SMP Negeri 1 Gombong Raih Juara I Drumband

GOMBONG (kebumennews.com) >> Kontingen drumband SMPN 1 Gombong “Gita Manohara” meraih juara I pada lomba drumband tingkat Kedu, baru-baru ini. Lomba yang diadakan Dinas Pemuda Olahraga, Pendidikan dan Budaya Kota Magelang itu diikuti berbagai kabupaten di wilayah eks Karesidenan Kedu, Minggu (27/11/2016).

Lomba tersebut diadakan dengan tema “Magelang Drumband Competition 2016”. Sebagai kota dengan tradisi militer yang cukup kuat, lomba ini merupakan lomba yang prestisius. Terbukti dengan keikutsertaan kelompok drumband terkemuka di wilayah Jawa Tengah.

Kepala SMPN 1 Gombong, Sukwikyo mengungkapkan, ekstrakurikuler drumband merupakan kegiatan yang sudah sangat lama berlangsung. Pada Era tahun 80-an pihaknya masih menggunakan drum yang terbuat dari kulit, sehingga harus menjemurnya sebelum dipakai.

“Namun bertahap kami terus melakukan perbaikan. Hingga saat ini Gita Manohara menjadi salah satu kelompok drumband terbaik di Kebumen,” ujarnya.

Wakil Kepala SMPN 1 Gombong, Darmadi menambahkan, dalam Kebumen Karnaval yang diadakan awal tahun lalu, Gita Manohara telah tampil dan mendapatkan apresiasi yang sangat bagus dari masyarakat luas. Salah satunya, gaya memukul drum dalam posisi kayang yang memang mengundang decak kagum.

“Drumband ditujukan tidak semata-mata untuk meraih kejuaraan. Namun terlebih untuk menumbuhkan semangat kerja sama, kedisiplinan dan kepemimpinan,” tambahnya.

Drumband SMPN 1 Gombong tidak lepas dari binaan para guru, diantaranya Tri Wiyuno, Sodri, Supriyatiningsih, Gatot Arif Maulana, Prasetiyana, Budi Aprijanto dan Utami Palupi A. Dalam menghadapi lomba tersebut, persiapan dilakukan mepet karena hanya dua minggu sebelum kejuaraan.

“Untung selama ini kami sudah melakukan latihan teratur, termasuk melatih berbagai formasi dan atraksi,” kata Sohibul Afif selaku koordinator OSIS SMP 1 Gombong seraya menambahkan untuk kejuaraan pihaknya hanya melakukan pemantapan dan pembenahan teknis. (Arif Susilo/Kn07)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.