Hari Santri Dengan Perjalanan Spiritual Ziarah ke makam Aulia di Kebumen

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2016, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) NU kebumen bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dakwah IAINU kebumen mengadakan acara dengan tajuk “Bandongan Hari Santri 2016”. Acara yang berlangsung selama tiga hari (21-23/10/ 2016) mengambil tema “The Unique of Santri”.

Acara Bandongan Hari Santri 2016 diawali (21/10) dengan melakukan perjalanan spiritual ziarah ke makam para wali (aulia) di Kebumen. Acara ziarah ini dilepas oleh Cholidy Ibhar, MA., Dekan Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen. Rute ziarah diawali dari Makam Syekh Kahfi Lemahlanang Somalangu Sumberadi, kemudian dilanjutkan ke Makam Syekh Assamarqandi Banyumudal Panjer. Selanjutnya perjalanan ziarah dilanjutkan ke Makam Syekh Yusuf Sangubanyu Buluspesantren, Makam Syekh Anom Sidakarsa Jagamertan Petanahan, dan berakhir di Makam Syekh Baribin Grenggeng Karanganyar.

Acara ziarah diikuti oleh hampir seratus santri dan mahasiswa, dosen, dan warga. Menurut FIkria Najitama salah seorang dari Panitia Bandongan Hari Santri 2016, acara ziarah ini ditujukan untuk memperkenalkan tokoh-tokoh santri yang telah berkiprah di tengah masyarakatnya, selain juga untuk mengalap keberkahan (ngalap barokah).

Rangkaian acara Bandongan Hari Santri 2016 ini akan dilanjutkan dengan kegiatan pemotongan tumpeng dan pelepasan lampion, orasi busaya dan saresehan, bedah filem santri, bedah novel sastra pesantren, dan panggung kesenian. Rangkaian acara ini dipusatkan di kampus IAINU Kebumen.

 

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

bram

Berbagi itu asik

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.