Estafet Tunas Kelapa Disambut Antusiasme Warga Kebumen

1848 Viewed kebumenn
Advertisment Single content advertisement top

Kebumen News >> Kwartir Daerah Jawa Tengah menggelar kegiatan Estafet Tunas Kelapa (ETK) sepanjang rute Brebes-Solo. Saat sampai di Kabupaten Kebumen pasukan ETK menerima estafet dari pasukan ETK Banjarnegara yang digelar di desa Somagede Sempor Kebumen pada pukul 10.30. Sedangkan pasukan ETK yang dari rute Banyumas diterima di desa Bumiagung Rowokele pada pukul 14.30. Tunas kelapa dikirab dari Somagede dan Bumiagung dikirab menuju pendopo melalui rute Guyangan sampai Giwangretno sepanjang 5 km. sambil membawa tunas kelapa pasukan berjalan kaki dengan waktu tidak boleh lebih dari 60 menit sampai di tujuan.

Di Giwangretno digelar serah terima pasukan ETK dari Kecamatan Sruweng ke kecamatan Pejagoan. Dari pejagan sampai pendopo juga ditempuh selama 60 menit jalan kaki. Sampai di Pendopo Kabupaten Tunas kelapa disemayamkan semalam. Pada malam semayaman ini digelar sarasehan pramuka yang diisi Mabicab Kebumen Kak Fuad Yahya, dan Kakwarda Jawa Tengah Kak Budi.

“Pagi harinya estafet diteruskan oleh pasukan ETK menuju Selang Kebumen selama 60 menit. Sampai di Selang tunas kelapa dilanjutkan sampai di Kecamatan Mirit. Di kecamatan Mirit warga sangat antusias. Terbukti mereka bersedia menyediakan minuman dan makanan camilan yang disediakan untuk peserta. Dari kecamatan Mirit dan Bonorowo dilanjutkan perjalanan 5 km, selama 60 menit ke jembatan Sungai Wawar. Menjelang sampai di jembatan Wawar, ribuan warga Mirit dan Bonorowo mengiringi Mabicab Kebumen yang juga Bupati Kebumen Kak Yahya Fuad. Kondisi ini menyebabkan jalan lintas selatan macet.” Tutur Nurchamid anggota pengurus Kwarcab Kebumen. (Kn. 01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Filed in

Lustrum V SMAN 7 Purworejo: Bentuk Kepedulian Kepada Masyarakat dan Dunia Pendidikan

Peringati Ulang Tahun PGRI Cabsus Kemenag Gelar Lomba Gerak jalan

Related posts