7:09 pm - Senin Maret 30, 2020

Pantai Karangbolong; Bukan Sekadar Pantai

2135 Viewed kebumenn 0 respond

Banyak tempat wisata pantai di Indonesia, tapi  tidak semua pantai memiliki keunikan sebagai daya tarik terhadap para wisatawan. Pada umumnya wisatawan berkunjung ke sebuah tempat wisata pantai bukan hanya karena alasan pantainya bersih, luas, pemandangannya indah, atau deburan ombaknya yang cukup menantang. Tetapi, ada satu keunikan pantai yang menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan wistawan asing maupun wistawan domestik, baik dari sisi lautnya, lingkungannya, maupun alamnya secara umum.

Diantara pantai-pantai yang bisa disebut indah, besih, dan unik ialah pantai Karangbolong, Kebumen. Pantai Karangbolong yang dikenal akan keindahannya dan keunikannya adalah salah satu tujuan wisata bahari di Kebumen yang harus dikunjungi oleh setiap wistawan yang datang ke Kebumen.

Pantai ini memang tidak seterkenal Bali atau pun Yogyakarta. Namun, pesona pantai Karangbolong selalu menarik untuk dikunjungi karena ia bukan sekadar pantai. Di pantai ini terdapat satu keunikan yang tidak banyak dimiliki oleh pantai-pantai lain. Disebut pantai Karangbolong karena di pantai ini ada terdapat sebuah batu karang yang bolong. Di pantai ini terdapat gua batu karang yang menjadi magnet bagi setiap pengunjung yang datang. Nama gua ini sekaligus menjadi nama pantai, yaitu pantai Karangbolong. Nama gua Karangbolong sekaligus menjadi nama desa setempat, yaitu desa Karangbolong.Selain pantainya yang indah dan eksotis, gua inilah yang memancing datangnya pengunjung setiap hari.

Kebumennews.com mendatangi keberadaan pantai ini sekaligus untuk memotret antusiasme pengunjung pada hari libur kemarin, Minggu 31-07-2016. Tampak para pengunjung tidak hanya memenuhi bibir pantai, tetapi juga masuk ke dalam gua dan sekaligus mengambil foto selfie di dalamnya. Tidak hanya anak-anak, para remaja, orang tua pun juga memenuhi area dalam gua. Para pengunjung tidak hanya berasal dari Kebumen, tetapi juga dari luar Kebumen seperti Purworejo, Purwokerto, Cilacap, Yogyakarta, bahkan Surabaya.

“Di rumah juga ada pantai. Tapi beda dengan di sini. Di sini ada gua dan pantainya juga indah”, tutur salah seorang pengunjung yang mengaku bernama Hartono asal Surabaya, Jawa Timur.

“Di beberapa pantai lain ada sih gua, tapi sempit, jadinya pengunjung terlalu berdesak-desakan. Di sini luas. Pantainya juga bersih banget, jadi tambah asyik di sini”, tambahnya.

Memang ukuran gua di pantai Karangbolong cukup untuk memanapung beberapa pengunjung. Panjang gua mencapai 30 meter. Lebarnya 10 meter dan tingginya 5 meter. Ukuran ini cukup memadai untuk menampung beberapa pengunjung yang ingin masuk dalam gua untuk sekadar melihatsituasi di dalam atau pun untuk foto-foto.Gua Karangbolong adalah gua batuan sedimen (breksi) yang dikenal sebagai Formasi Gabon. Menurut cerita dari mulut ke mulut,gua ini terbentuk sejak sekitar 30-15 juta tahun yang lalu. Entah benar atau salah cerita itu, yang jelas sampai hari ini gua itu masih bisa dikunjungi dan dinikmati.

Gua pantai Karang Bolong

(Pintu Gua Pantai Karangbolong Kebumen)

Dari sisi kebersihan, pantai Karangbolong tergolong bersih dan rapi. Hal ini tidak lepas dari upaya Pemerintah Kabupaten Kebumen yang mengajak masyarakat sekitar untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kawasan pantai-pantai di Kebumen, termasuk Karangbolong. Di pantai ini juga ditempatkan beberapa petugas kebersihan yang setiap hari menjaga kebersihan pantai.

“Pesona pantai Karangbolong indah dan menawan, tetapi apabila kebersihannya tidak terjaga dengan baik maka akan hilang pesona keindahannya, apalagi bagi wisatawan yang ingin mengabadikan keindahan gambar” kata Muhammad Idrus, salah seorang petugas kebersihan di pantai Karangbolong yang ditemui kebumennews.com.

Petugas kebersihan yang sudah menjaga kebersihan pantai Karangbolong selama 10 tahun itu mengatakan, kebersihan pantai adalah syarat utama untuk memikat calon wisatawan datang ke pantai Karangbolong. Jika pantai kotor, maka wistawan malas untuk berkunjung. Namun jika pantai bersih, para wistawan dari berbagai kota akan ramai dan betah berlama-lama di pantai Karangbolong.

Bukit-Bukit Menghijau

Gua karang sebenarnya bukanlah satu-satunya daya tarik yang dimiliki pantai Karangbolong yang terletak di kecamatan Buayan, kabupaten Kebumen ini.Pantai yang berkontur landai dan berpasir putih ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit menghijau yang semakin menambah keindahan dan eksotisme pantai. Di sekelilingnya juga terdapat deretan pohon kelapa yang menambah suasana pantai semakin terasa.

Keberadaan bukit-bukit menghijau di sekeliling pantai Karangbolong memang sengaja dirawat dan dijaga oleh pemerintahan daerah kabupaten Kebumen melalui dinas Pariwisata dan Budaya. Bukan hanya sekadar untuk menjaga keindahan pantai, tetapi juga untuk menjaga ekosistem lingkungan pantai.

Pantai Karangbolong Kelapa

(Bersih dan indah dengan pemandangan deretan Pohon kelapa dan bukit di pantai Karangbolong)

Selain menambah suasana asri, keberadaan bukit-bukit itu juga menjadi penetrasi cuaca di pantai, sehingga pantai Karangbolong juga dikenal dengan keberadaan udaranya yang sangat sejuk. Tidak mengherankan jika para pengunjung yang datang ke tempat ini bukan sekadar untuk menikmati keindahan pantai, tetapi juga untuk melepaskan lelah dan stres.

Dari puncak bukit para pengunjung juga bisa melihat pemandangan yang sangat luas berupa lautan lepas, rumah-rumah penduduk, serta lokasi wisata pantai-pantai lain di Kebumen seperti pantai Suwuk, pantai Petanahan, dan lain sebagainya.

Pantai Karangbolong

(Pantai Karangbolong dengan salah satu pemandangan bukitnya yang menghijau)

Pantai Karangbolong memang sangat tepat bagi para pengunjung yang hendak melepas lelah dan stres karena sepanjang perairan pantai ini sangat memanjakan pengunjung yang ingin menyalurkan hobi memancing. Di kawasan itu terdapat banyak ikan yang bisa dipancing dan dinikmati langsung oleh setiap pengunjung yang datang. Selain bukit-bukit yang menghijau, di ujung kanan pantai juga terdapat sungai kecil. Sungai itu berasal dari perkampungan di atasnya yang sekaligus menambah keelokan pantai.

Tidak hanya itu, para pengunjung yang merasa lapar dan haus saat berada di lokasi pantai juga bisa langsung menikmati sajian kuriner di warung-warung yang terdapat di pinggiran pantai. Keberadaan warung-warung diatur sedemikian rupa sehingga tampak rapi dan tidak mengganggu keindahan pantai. Di warung-warung ini para pengunjung akan banyak menjumpai makanan dan jajanan khas Kebumen. Artinya, di pantai ini pengunjung juga bisa melakukan wisata kuriner.

Ritual Budaya

Pantai Karangbolong memang bukan sekadar pantai. Pengunjung yang datang tidak hanya bisa menikmati keindahan dan eksotime pantai. Di pantai ini para pengunjung juga bisa menikmati ritual budaya. Berawal dari rasa penghormatan terhadap alam dan kesyukuran tinggi akan nikmat Tuhan, masyarakat sekitar pantai Karangbolong memiliki ritual budaya yang dilakukan di pantai ini. Salah satu ritual yang dilakukan oleh masyarakat sekitar adalah upacara larung sesaji di pantai Karangbolong.

Upacara ini biasanya dilakukan setiap selesai panen raya (musim panen padi). Yang dilakukan oleh masyarakat dalam upacara ini adalah menabur sesajen di tengah laut yang berisi buah-buahan, bunga, dan beberapa sesajen yang lain. Tradisi ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberi rizki melimpah lewat panen raya.

Dihubungi terpisah, pakar keagamaan dari Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen, Mustajab, M.S.I., mengatakan bahwa tradisi upacara larung sesaji di pantai Karangbolong masih dapat dibenarkan dalam agama. Sebab, upacara yang dilakukan oleh masyarakat sekitar pantai itu diniatkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas segala nikmat yang telah diterimanya, khususnya pada saat musim panen. “Tidak apa-apa, yang penting niatnya baik dan tidak mengesampingkan peran Tuhan dalam setiap rizki yang diterima”, jelasnya ketika dihubungi melalui saluran telpon.

Tradisi larung sesaji

(Tradisi larung sesaji)

Menurut Ketua Program Studi Pendidikan Guru Madrsah Ibtidaiyyah (PGMI) di IAINU itu, ritual upacara larung sesaji di pantai Karangbolong justru bisa mengajarkan kepada setiap pengunjung pantai yang datang untuk pandai bersyukur kepada Tuhan. Dengan kata lain, tempat wisata pantai selayaknya tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga memberi pelajaran religiusitas.

Dengan segala keindahan, kelebihan, serta keuninkan yang dimiliki pantai Karangbolong Kebumen, pantas saja jika setiap hari pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Rasanya kurang lengkap jika bertamasya ke Kebumen tetapi tidak berkunjung ke pantai ini. (Abdul Waid).

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Hujan Lebat Sebabkan Longsor di Giritirto Timpa 10 Rumah dan Tumbangkan 50 Pohon

Bupati-Masyarakat Pinggiran Kebumen Membincang Kemiskinan Kebumen

Related posts