8:49 pm - Senin Maret 30, 2020

Mahakarya Seniman Operasi Rachman Mohammad: Realistik dan Ekspresif

931 Viewed bram 0 respond

Yogyakarta >> Operasi Rachman Mohammad menggelar pameran seni rupa tunggal yang ia beri nama ‘Operasi’. Acara ini terselenggara sejak tanggal 30 Juli s/d 09 Agustus 2016 dari mulai pkl 09.00 s/d 21.00 WIB, yang bertempat di Taman Budaya Yogyakarta, dimana pameran ini dibuka oleh Garin Nugroho. Terhitung sampai tanggal 08 Agustus 2016, pameran ini telah di banjiri sebanyak 400 lebih pengunjung, dan akan terus memperoleh peningkatan sampai hari esok (9/8).

Operasi Rachman Mohammad “turun gunung” dengan menggelar pameran “mini retrospeksi”. Seniman alumnus ISI Yogyakarta angkatan 1988 ini menghadirkan dua kecenderungan visual: realistik dan ekspresif. Dua pilihan ekspresi visual ini seperti ingin mengabarkan bahwa Operasi Rachman memiliki kemampuan teknis yang memadai. Tantangan visual apapun mampu ditaklukkan dengan baik. Semua visualitas itu tidak lepas dari konsep dasar kreatifnya yang ingin mentransfer realitas sosial ke dalam realitas estetik. Problem artistik mendapat porsi dan tantangan untuk diselami, diakrabi, dan ditaklukan.

Dalam pameran ini Operasi mengeskposisi karya gigantik yang dikreasi tanpa bantuan artisan atau orang yang membantu secara teknis. Isu ini menarik untuk dicuatkan di tengah gelombang kecenderungan dewasa ini ketika seniman banyak menyandarkan bantuan tenaga dan teknis orang lain untuk merampungkan karya. Dalam seni rupa kontemporer, kecenderungan itu lazim dan dianggap sah. Namun Operasi ingin menunjukkan kepada publik bahwa ketergantungan teknis itu berpotensi akan mereduksi sisi proses dan hasil ketrampilan tangan seniman secara orisinal. Ada otentisitas jiwa sang seniman yang terpotong. Memang, kini tak ada yang orisinal di bawah langit. Operasi percaya ada otentisitas yang khas dari tangan, spirit, energi, dan emosi tiap seniman. ( KN.10)

Laporan Wartawan #Rezafa

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Kampanyekan Kebersihan Sungai Jatisari Kebumen Dengan Lomba

Lomba Mewarnai Untuk Angkat Kembali ‘Genteng Sokka’ Kebumen

Related posts