3:24 pm - Senin Januari 27, 2020

Caping/tudung Merupakan Pelengkap Usaha Tani Kebumen

1366 Viewed bram 0 respond

kebumen >> Seperti koloni lebah madu, begitulah bisnis yang tumbuh dewasa bersama waktu. Caping/tudung merupakan pelengkap usaha tani. Dimana Pertanian wajib dijalankan sepanjang hayat sebuah bangsa.

Demikianlah naluriah usaha kerajinan bambu di zona utara kec. Petanahan Kebumen di lakoni turun-temurun dan di jalankan ribuan pengrajin. Pengrajin tudung/caping tersebut menyebar di 10an desa sidomulyo, penyangga kritig, banjarwinangun Nampudadi, jatimulyo, podourip, tresnorejo, kebonsari, grogol penatus. Gebangsari, jogomertan, sitirejo,dengan cara di kerjakan domestik rumah. Rantai kerajaan kecil bisnis semuanya terbentuk alamiah saja.

Ada pusat pasar penjualan, dua desa yakni desa grujugan dan desa sidomulyo, 10an desa pemasok caping setengah jadi dan pemasok bahan bambu mentah. Ribuan pengrajin dan puluhan usahawan lahir dan hidup berkelanjutan dari kreasi para leluhur ini. Koloni bisnis padat kerja seperti ini mungkin hanya membutuhkan partner membuka pasar lebih luas dan kreasi produk yang “sumbut” dengan kebutuhan zaman yang lebih variatif. Ujar bani ( #KN.02 )

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

KETAPEL 17, Permudah Dalam Pembuatan E-KTP

Alkisah: Bentuk Kepedulihan Rio Motret terhadap Cerita Indonesia

Related posts