7:51 pm - Minggu September 15, 2019

Menunggu Peran Parpol Dalam Implementasi Pancasila, Dialog Kebangsaan Harlah Pancasila

1468 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News – Tanggal 1 Juni, tercatat merupakan hari pertama kali Soekarno, proklamator Indonesia mencetuskan kata ‘pancasila’, yang kemudian hari ini (1 Juni 1945) ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila. Adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang kali ini menggelar Dialog Kebangsaaan dengan Tema. “Partai Politik Sebagai Pelopor Progresif Gerakan Keangsaan dan Politik Bernegara.” di Aula Kantor PDIP Jl. HM. Sarbini. (31/5)

Hadir sebagai pembicara Agus Salim, akademisi dari IAINU Kebumen, dan Paulus Widiyanto ketua KPU Kebumen, sebagai moderator Hariyanto Fadlan. Setelah masing-masing pemateri menyampaikan gagasannya selama 20 menit. Dibuka sesi tanya jawab. Banyak sekali yang bertanya dan semuanya menanyakan di mana peran Partai Politik dalam mengimplementasikan pancasila.

“Sebetulnya inilah problem kita, sampai hari ini kita ini masih berbeda-beda dalam menafsirkan, kalau saya membumikan pancasila dalam kehidupan. Nah ini tantangan untuk partai politik.” Tutur Paulus saat pemaparan.

Agus Salim saat menjawap pertanyaan peserta tentang tantangan partai politik dalam mengatasi disintegrasi bangsa, di tengah-tengah apatisme masyarakat terhadap partai Politik dan memilih Sosial media sebagai media mengungkapkan aspirasi politik, Agus menyatakan bahwa komunikasi menjadi kunci dalam persoalan itu. “Pak Cipto pnunya nomor ketua ranting se-Kebumen?, Pak Budi punya nomor kader-kader muda di setiap desa?” Tanya Agus Salim kepada Ketua DPC PDIP dan anggota DPRD Kebumen. Menurutnya pola komunikasi yang intens akan memninimalisir persoalan disintegrasi bangsa ke depan.

“Mari kita tunggu bersama-sama, peran Partai Politik yang lebih kongkrit dalam implementasi nilai-nilai pancasila, berikan aplous untuk PDIP yang malam ini berupaya merajut bangsa dengan dialog kebangsaan dengan alat Harlah Pancasila. Beri aplous juga untuk nasdem, PAN, PKB, Golkar, dan Gerindra yang malam ini datang berdialog tentang kebangsaan” Tutur Paulus yang disambut peserta. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Wonosobo dan Palu, Didorong Menjadi Kota Ramah HAM, Kebumen?

34 Perusahaan Rekrut Karyawan, Gelar Spektakuler Job Fair 2016

Related posts