8:42 pm - Kamis Juli 18, 2019

Memperingati Harlah Pancasila, “Jangan Ulangi Kesalahan Masa Lalu”

1254 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News – Peringati hari lahir Pancasila 1 Juni 1945 KH. Imam Aziz salah seorang Ketua PBNU memberikan orasi budaya di Yogjakarta tepatnya Desa Tirtonadi, Gombangasem, Tirtonadi, Sleman. Pada peringatan hari lahir pancasila ini selain diisi orasi budaya juga dihibur kesenian kethoprak (31/5).

“Kata pancasila pertama dicetuskan oleh Ir.Sukarno pada rapat BPUPKI 1 Juni 1945. Kata pancasila itulah yang kemudian akhirnnya menjadi dasar bangsa Indonesia. Pancasila berisi 5 prinsip berbangsa dan bernegara. Lima prinsip itu adalah kemanusiaan, bangsa, persatuan, internasionalisme dan  ketuhanan.

Pada rumusan pancasila itu Negara Indonesia membebaskan warganya untuk memeluk suatu agama. Pada sila Ketuhanan yang Maha Esa ditambahakan “Dan ketaatan menjalankan kewajiban syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”. Rumusan prinsip itu akhirnya menjadi piagam Jakarta.

“Akhirnya pancasila di urutkan 5 sila. Penjabaran pancasila dimaknai dalam konstitusi pada Undang-undang Dasar (UUD) 45. Konstitusi dijabarkan lagi menjadi peraturan di bawahnya. Bentuknya Undang-undang, Keputusan Presiden, Peraturan Menteri, Peraturan Pengganti Undang-undang, dan sampai di daerah menjadi Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Gubernur, Bupati dan seterusnya. Semuanya itu mencerminkan nilai Pancasila yang mengadopsi niatan, cita-cita, prinsip, dan impian seluruh bangsa Indonesia.” Tutur Imam Aziz.

“Dengan peringatan hari Lahir Pancasila pada setiap 1 Juni ini diharap dapat mengembalikan fungsi pancasila yang benar dan jangan mengulangi kesalahan-kesalahan di masa lalu.” Pungkasnya. (Kn. 06)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Penyelenggara Intercultural Fair ‘From Pesantren To The World

Wonosobo dan Palu, Didorong Menjadi Kota Ramah HAM, Kebumen?

Related posts