1:20 am - Sabtu April 11, 2020

MASYARAKAT PEDULI PANCASILA

839 Viewed bram 0 respond

Banyumas tepatnya Desa Windujaya Kecamatan Kedungbanteng pada Juni 2016 diadakan pertemuan sederhana dengan cita-cita luar biasa yaitu diskusi guna menyikapi realitas sosial akan pudarnya penerapan nilai-nilai Pancasila. Menyikapi kegiatan tersebut kebumennews.com berpartisipasi dengan mengirimkan seorang delegasi yang diwakili oleh Turhamun. Ia adalah warga Desa Pandansari Kecamatan Sruweng Kabupaten Banyumas yang mengenyam pendidikan strata satu di STAIN Purwokerto dan Strata Dua di UIN Walisongo Semarang.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk buka bersama ini dihadiri oleh banyak delegasi dari berbagai latar belakang seperti santri, kyai, akademisi, mahasiswa, pelajar, komunitas, instansi kepolisian sampai dengan keuskupan Cathedral Banyumas dengan total peserta 50-an.

Penting bagi kebumennews untuk berpartisipasi aktif dalam mengawal implementasi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam ideologi Pancasila, mengingat di kebumen terdapat ragam organisasi yang berideologikan anti Pancasila dan berpotensi memecah belah masyarakat dengan konsep Khilafah (Negara Islam) yang bisa jadi akan mengulang sejarah peristiwa AOI dan DI/TII.

Kebumennews merasa terpanggil untuk mengingatkan masyarakat pada umumnya dan kebumen pada khususnya supaya berhati-hati dengan mereka-mereka yang mencoba mengikis ideologi Pancasila. Padahal Pancasila adalah Ideologi yang dirumuskan oleh para tokoh kemerdekaan dengan kualitas ijtihad yang tak perlu dipertanyakan, guna terwujudnya kemajuan Bangsa Indonesia dengan prinsip toleransi yang menjadi jargon luar bisa yaitu Bhineka Tunggal Ika.

Pertemuan tersebut sefaham untuk memberikan pendidikan Pancasila sejak dini melalui salah kegiatan kePramukaan atau keSakaan. Karena Pramuka atau Saka dinilai sebagai sarana yang efektif dan efisien dalam menanamkan Pancasila dan Nasionalisme. Suasana yang riang dan disiplin memberi nuansa yang sangat mendukung dalam percepatan aplikatif nilai-nilai Pancasila dan Nasionalisme.

Belajar dari Pesantren An-Najah Purwokerto dibawah asuhan KH. Muh. Roqib, yang melakukan trobosan dengan mendirikan Gugus Depan Kepramukaan khusus di Pesantren, perlu kiranya pesantren-pesantren lain khususnya di wilayah kebumen untuk bisa mengikuti jejak ini. Pangkalan Pramuka tidak hanya di Sekolah tapi bisa di pesantren. Tentunya ini kan membekali santri secara massif dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila.

Saka di Banyumas juga tumbuh subur dibawah naungan masing-masing lembaga yang arahnya tidak lain menyiapkan kader dengan prinsip nasionalis dan berideologikan Pancasila. Diantaranya Saka Pustaka dibawah naungan Perpustakaan Daerah, Saka Kalpataru, dibawah naungan Sekolah Kader Desa dan Saka Guna Baca dibawah naungan Yasnaya Poliyana.

Folow Up dari kegiatan tersebut kebumennews berinisiasi dalam waktu tiga bulan kedepan mengadakan Sekolah Kader Pancasila, ini adalah wujud nyata dari partisipasi aktif kebumennews.com untuk ikut menjaga Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia. Melalui Sekolah Kader Pancasila diharapkan Kabupaten Kebumen akan semakin memiliki bibit unggul pejuang Pancasila sebagai penjaga gerbang Negara Kesatuan Republik Indonesia, Rabu, 22 /06. ( Turhamun )

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Tradisi Larung/Sedekah Laut di Cilacap

Proses Evakuasi Dihentikan, Masih Ada Satu Orang Korban Longsor Belum Ditemukan

Related posts