11:58 pm - Senin September 16, 2019

Jenazah Terakhir Korban Longsor Sampang Berhasil Diangkat

845 Viewed kebumenn 0 respond
Ilustrasi

Kebumen – Evakuasi jenazah terakhir korban longsor Dukuh Pekumbang Dusun Semampir Desa Sampang Kecamatan. Sempor Kebumen berhasil diangkat tadi sore Senin, 27 Juni 2016. Pengangkatan jenazah itu berlangsung dramatis dan menegangkan. Pasalnya kondisi evakuasi yang sebenarnya berstatus darurat dan pencarian dihentikan secara resmi oleh pemerintah Kebumen.

Namun relawan Muhammadiyah Disaster Managemen Center (MDMC) Kebumen tak patah arang tetap berusaha mencari bersama warga sekitar. Kegigihan relawan dan semangat warga ini tak sia-sia ketika akhirnya sore tadi letak jenazah dapat ditemukan lokasinya oleh salah satu Relawan LPB PDM Kebumen yaitu Imam kira kira pukul 16.00.

Saat itu juga langsung di laksanakan penggalian yang lumayan dalam karena jenazah terletak tepat di bawah batu sebesar motor VIAR roda 3. Setelah terus dilaksanakan penggalian akhirnya diputuskan untuk menarik batu yang menindih. Batu ditarik menggunakan seling dan katrol yang biasa dipakai untuk Flying fox pada saat outbond yang dimiliki Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) dan berusaha ditarik terus dengan hati-hati. Batu ditarik dengan hati-hati karena dikhawatirkan jenazah akan rusak jika gegabah.

Akhirnya tepat pukul 21.00 malam jenazah bisa diangkat dan diidentifikasi oleh relawan MDMC Kebumen. Jenazah kemudian diserahkan kepada keluarga dan langsung dilakukan proses pengurusan jenazah hingga dimakamkan malam itu juga. Evakuasi yang murni di lakukan oleh MDMC dengan komandan lapangan Ndan Eko Setiyobudi berjalan lancar.

“Evakuasi MCDC ini semata-mata dilakukan sebagai panggilan hati dan jiwa yang menggerakkan. Bukan cai nama atau yang lain” Tutur Anis Madhan Ketua STIKES Muhammadiyah Gombong yang juga Pengurus Muhammadiyah.

Dengan demikian selauruh jenazah yang tertimbun pada longsor di Sampang telah berhasil dievakuasi. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Proses Evakuasi Dihentikan, Masih Ada Satu Orang Korban Longsor Belum Ditemukan

PDNA Kebumen Bagikan Sembako Untuk Warga Kurang Mampu

Related posts