6:48 pm - Kamis Agustus 13, 2020

Laut Pasang, Pedagang Bekerja Ekstra, Pengunjung Dihimbau Waspada

3117 Viewed kebumenn 0 respond
Sampah tampak terbawa gelombang pasang di Suwuk. Foto: Visual Image

Kebumen News -Seorang pedagang tampak sedang memunguti sesuatu di puing-puing sampah di antara tumpukan sampah di pantai Suwuk. Ia adalah salah satu dari sekian pedagang di pantai Suwuk yang lapaknya hanyut diterjang gelombang pasang pantai selatan. Ia mengais berharap masih ada yang dapat ia temukan di sisa-sisa lapaknya yang diterjang gelombang pasang (8/6).

Air laut dalam beberapa hari ini pasang dan naik mencapai pantai di lokasi yang tadinya kering. Lokasi wisata pantai suwuk yang biasanya kering dan bersih hari ini menjadi kotor dan tergenang air laut yang pasang. Air laut yang naik itu membawa sampah dari laut ke pantai dan menyisakan tumpukan sampah di mana-mana. Hal ini menjadikan pedagang yang sehari-hari membuka dagana di pantai Suwuk harus bekerja ekstra untuk membersihkan tumpukan sampah kiriman air pasang.

Selain itu pada musim-musim seperti ini pengunjung berkurang drastis, sehingga dagangan tidak dapat laku seperti biasanya. Air pasang yang tinggi ini juga merendam barang dagangan mereka sehigga beberapa barang tidak dapat dijual kembali.

Gelombang tinggi yang menyebabkan air laut pasang diprediksi akan sampai tanggal 10 Juni 2016. Selain di pantai Suwuk hal ini juga terjadi di beberapa tempat sepanjang Pantai Selatan. Gelombang laut yang tinggi akibat astronomi karena adanya posisi sejajar matahari, bulan, dan bumi dalam satu garis maksimal.

“Selain itu faktor cuaca (pengaruh kecepatan angin, masuk kemarau angin relatif kencang), lama angin bertiup, fetch, dan pengaruh angin dari daerah lain. Ketinggian ombak bekisar 2.3-2.7 meter.” Sebagaimana dituturkan akun Visual Image.

“Gelombang pasang merupakan agenda rutin setiap tahun, namun saat ini durasi gelombang pasang lebih panjang dan membahayakan.” Tutur Setiaji Warga Sitiadi yang tengah berkunjung ke Suwuk.

Bagi pengunjung pantai di sepanjang pesisir Jawa bagian selatan disarankan untuk berhati-hati jika berada di pantai, karena ombak bisa saja datang tanpa diduga. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
2/5 - 2
You need login to vote.

Gelombang Laut Pasang, Fasilitas Pantai Suwuk Rusak dan Hanyut

Tangkal Radikalisme PCNU Gelar Safari Ramadhan Di Ayah dan Bonorowo

Related posts