11:09 pm - Senin September 16, 2019

Empat Orang Positif Terjangkit DBD, Kebadongan Langsung Difogging

416 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News – Setelah terdeteksi empat orang positif terjangkit Demam Berdarah Dengue, desa Kebadongan Kecamatan Klirong Kebumen langsung dilakukan fogging di wilayah penduduk desa.

Demam berdarah atau demam dengue (disingkat DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus  dengue. Nyamuk  atau/beberapa  jenis  nyamuk  menularkan (atau menyebarkan) virus dengue. Demam dengue juga disebut sebagai “breakbone fever” atau “bonebreak fever” (demam sendi), karena demam tersebut dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri hebat seakan-akan tulang mereka patah. Sejumlah gejala dari demam dengue adalah demam; sakit kepala; kulit kemerahan yang tampak seperticampak; dan nyeri otot dan persendian. Pada sejumlah pasien, demam dengue dapat berubah menjadi satu dari dua bentuk yang mengancam jiwa. Yang pertama adalah demam berdarah, yang menyebabkan pendarahan, kebocoran pembuluh darah (saluran yang mengalirkan darah), dan rendahnya tingkat trombosit darah (yang menyebabkan darah membeku). Yang kedua adalah sindrom renjat dengue, yang menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya.

Terdapat empat jenis virus dengue. Apabila seseorang telah terinfeksi satu jenis virus, biasanya dia menjadi kebal terhadap jenis tersebut seumur hidupnya. Namun, dia hanya akan terlindung dari tiga jenis virus lainnya dalam waktu singkat. Jika kemudian dia terkena satu dari tiga jenis virus tersebut, dia mungkin akan mengalami masalah yang serius.

Belum ada vaksin yang dapat mencegah seseorang terkena virus dengue tersebut. Terdapat beberapa tindakan pencegahan demam dengue. Orang-orang dapat melindungi diri mereka dari nyamuk dan meminimalkan jumlah gigitan nyamuk. Para ilmuwan juga menganjurkan untuk memperkecil habitat nyamuk dan mengurangi jumlah nyamuk yang ada. Apabila seseorang terkena demam dengue, biasanya dia dapat pulih hanya dengan meminum cukup cairan, selama penyakitnya tersebut masih ringan atau tidak parah. Jika seseorang mengalami kasus yang lebih parah, dia mungkin memerlukan cairan infus (cairan yang dimasukkan melalui vena, menggunakan jarum dan pipa infus), atau transfusi darah (diberikan darah dari orang lain).

“Ya tadi sudah dilakuka fogging di  Desa Kebadongan yang katanya merupakan salah satu tindakan untuk memperkecil habitat nyamuk.” Jelas Tahul salah seorang warga desa Kebadongan.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

SMA N 1 Kebumen Pelopor Eduwisata

PNS DPK Di Swasta Yang Tidak Mendapat Uang Makan, Akan Semakin Banyak ‘Tombok’

Related posts