11:03 pm - Senin September 16, 2019

Akbid Purworejo Siaga Bencana, Air masuk Ruang, Rapat Sambil “Berrendam”

1014 Viewed kebumenn 0 respond
Suasana mencekam di Akbid Purworejo (Foto: Istimewa)

Kebumen News – Akibat hujan deras yang terjadi terus menerus selama beberapa jam dan merata di seluruh Jawa salah satun kampus di Purworejo terpaksa melaksanakan rapat dengan kondisi kaki terrendam banjir.  Hal ini diakibatan karena curah hujan yang tinggi di sebagian besar wilayah Indonesia.

Diprediksi akan terkena hujan lebat selama tiga hari. Hal ini terlihat dari tinjauan kondisi atmosfer terlihat beberapa indikasi yang menunjukkan munculnya potensi hujan lebat di wilayah Indonesia. Kondisi masih hangatnya suhu muka laut di atas normal perairan Indonesia barat,  masuknya aliran massa udara basah dari samudera India di  maritim kontinen Indonesia serta lemahnya aliran masa udara dingin Autralia di wilayah Indonesia, diperkirakan memberikan kontribusi pada peningkatan curah hujan. Selain itu dengan adanya daerah perlambatan, pertemuan dan belokan angin di wilayah Sumatera dan Kalimantan mengakibatkan kondisi atmosfer menjadi tidak stabil sehingga meningkatkan potensi petir dan angin kencang.

Wilayah-wilayah  di Indonesia yang diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas lebat, adalah di  Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung; Di DKI Jakarta,  Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur. Sementara di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara;   Maluku dan Papua.

Untuk itu masyarakat dihimbau agar meningkatkan kewaspadaan pada potensi bencana yang dapat ditimbulkan, seperti: banjir, banjir bandang, tanah longsor, genangan dan pohon tumbang. Serta bagi operator jasa transportasi laut juga dapat mewaspadai potensi hujan lebat dan gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di perairan selatan Sumatera, Jawa hingga Bali-NTT.

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui Phone  0216546315/18. Dan dapat mengakses berita terkini dari http://web.meteo.bmkg.go.id;   follow @infobmkg;,  atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.” Tutur  Yunus S. Swarinoto, Deputi Bidang Meteorologi – BMKG (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Hujan Lebat Dan Angin Kencang di Wilayah Kebumen Warga Ditimpa Aneka Bencana

Longsor di Sampang Sempor, Timbun Tiga Rumah dan Enam Penghuninya

Related posts