Merindukan ‘Kuntul’ dan ‘Blekok’ Di Bumi Kebumen

Kebumen News – Sudah lama rasanya tidak kita ‘perhatikan’ rombongan burung bangau terbang di langit. Kuntul memiliki paruh lebih pendek dibanding blekok. Tiadanya barisan kuntul dan blekok di langit Kebumen dikhawatirkanakan spesies dua burung itu akan hilang dari bumi.Makin langkanya burung-burung sejenis yang selalu menghias langit setelah musim panen ini disebabkan juga oleh ke’buas’an manusia. Dengan senapan angin, mereka memburu dan membunuh kuntul dan belok satu demi satu, hingga hanya tersisa sangat sedikit.

Pagi ini kita patut bersyukur di beberapa wilayah Kabupaten Kebumen kembali muncul burung bangau jenis ‘kuntul’ dan ‘blekok’. Ratusan kuntul itu muncul di persawahan desa-desa Adimulyo, di Jogopaten Buluspesanten dan banyak di desa-desa lainnya. 2 taun liwat dalan guyangan-petanahan, nembe tumon kuntul pada mudun nang sawah akeh banged… anu arep migrasi ngendi y? lokasi nang salakan-petanahan mau isuk (sudah dua tahun lewat di jalur Guyangan-Petanahan, baru melihat kuntul turun banyak sekali di persawahan,…sebenarnya mau migrasi ke mana ya? Lokasi di Salakan Petanahan tadi pagi)” Tutur pemilik akun Tulo Andriyono .

Menurut pemilik akun Trisno Duaji jarangnya ditemukan spesies bangau jenis kuntul dan blekok disebabkan tiadanya lokasi yang memungkinkan mereka berkembang. “Anu tempate sing go berlindung ws ora memungkinkan
Semakin langkanya jenis-jenis burung yang dulu biasa ditemukan, sangat mengkhawatirkan keberlangsungan generasi burung-burung tersebut sebagai warisan kepada anak cucu kelak. Untuk mengantisipasi hal ini perlu kiranya dibuat Peraturan tentang perburuan burung. Bisa dalam bentuk Perdes maupun Perda.
Menembak sebagai hobi jangan sampai mewariskan kepunahan spesies tertentu sehingga kelak anak cucu kita hanya mendapat cerita tentang burung-burung tersebut, tanpa pernah tahu bagaimana bentuk dan wujudnya. (Kn/1)
Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.