Eng Ki Liem: Seni Batuan Kebumen Luarbiasa

Tak Berkategori

KEBUMEN-Potensi seni batuan Kebumen dinilai sangat memenuhi syarat kelayakan dalam percaturan batu mulia nasional. Kesan ini dirangkum dari salah satu yuri bersertivikat nasional yang dihadirkan panitia Kebumen Gemstone Contest #1, Eng Ki Liem yang sejak awal disertai seorang yuri luar kota lainnya, Andri S dari Yogyakarta.

“Seni Batuan Kebumen memang luar biasa”, begitulah Eng Ki Liem mengemukakan penilaiannya saat dikonfirmasi KebumenNews di lokasi kontes Balai Kelurahan Kebumen.

Kontinuitas upaya untuk mempromosikan potensi unggulan daerah ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan terus menerus. Dalam konteks ini, upaya komunitas media online BAKO Community yang didukung penuh oleh Barli Halim pemilik Lukulo Gemstone Kebumen pantas pula diapresiasi.

Meski secara umum event yang juga menggelar bursa ini tergolong “sepi” proyeksi transaksionalnya, hal itu tak menyurutkan perajin akik dan gemslover berpartisipasi dalam kontes.

 

Red-Hot dan Ginggang Kebumen

Hingga hari ketiga ini sebanyak 163 peserta telah mengikuti ajang kontes untuk 6 dari 9 keseluruhan kategori yang dilombakan. Dengan begitu masih tersisa 3 kategori kontes, yakni untuk kelas Ginggang, Pictorial Animal dan Multicolour Open yang akan digelar Minggu (8/5) besok.

Batuan akik yang dalam idiom lokal dikenal Badarbesi Merah dengan berbagai varian turunannya, diantaranya Red-Hot atau Badarbesi Merah Cabe yang difavoritkan sebagai ikon Kebumen; memiliki rating tersendiri dalam kontes yang digelar. Meski seni batuan Kebumen masih memiliki ikon lain yang juga diunggulkan, seperti Ginggang; keduanya menjadi ukuran bagi syarat-syarat dalam percaturan akik nasional.

Secara spesifik Ginggang Lukulo yang sebenarnya juga memiliki ciri tersendiri dalam kelas Shadow in Agate telah lebih dulu berbicara dalam kontes berskala internasional. Info yang dihimpun KebumenNews dari beberapa event berskala nasional dan bahkan se Asia-Pasifik, pernah mencatat prestasi besar di Bali dan Melbourne Australia.

Dan untuk hal prestisius seperti ini, tak banyak diketahui umum. Khusus untuk kelas Ginggang, pada Kebumen Gemstone Contest #1 akan dihelat di hari terakhir (8/5) besok. [K.04]    

 

 

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.