Belajar Dari IIUM Malaysia, IAINU Kebumen Bakal Produksi Barang Bermerk Kampus

Tak Berkategori

Kebumen News – ”Prodi Ekonomi Syariah, belajar dari keberadaan fasilitas kampus perpustakaan, market galeri, toko VIP room, ada koperasi mahasiswa menyediakan produk makanan dan minuman kemasan yang bermerk dan berlogo kampus IIU Malaysia, diproduksi dan dipasarkan oleh pihak perguruan tinggi. Membuktikan kampus bukan sekedar mencetak sarjana saja, tetapi mampu membumikan antara konsep teori dan nilai tindakan berupa menjadikan kampus membawa peran di masyarakat”. Tutur Chusnul Chotimah Kaprodi Ekonomi Syariah IAINU Kebumen.

Inovasi pengetahuan dalam dunia pendidikan di era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) saat ini, sangat berarti dalam memproduksi mahasiswa calon pembaharu dalam ilmu pengetahuan di masa depan. Terutama peran ekonomi syariah sebagai bidang keilmuan sangat tepat untuk menjadikan MEA menjadi sebuah tantangan peluang untuk dihadapi.

Chusnul, dalam kunjungan ke kampus International Islamic University Malaysia pada 10 Mei 2017 menjalani agenda di antaranya mengadakan pertukaran pelajar (excahenge student) melakukan kerjasama peningkatan mutu pendidikan. Bentuk pertukaran pelajar (excahenge student) di antaranya formasi beasiswa, kerjasam riset, penerbitan jurnal internasioanl, serta kerjasama bidang ekonomi syariah antara IAINU dengan kampus IIUM Malaysia. Hal ini dimaksudkan untuk menghadapi MEA bahkan perekonomian global. Selain, bermanfaat bagi daerah Kebumen, peran ekonomi Syariah IAINU  Kebumen diharapkan dapat membawa nama harum bangsa Indonesia ke kancah global.

Kunjungan Chusnul dilakukan bersama-sama dengan program S2 Pascasarjana yang diwakili oleh Azam Sukur Rahmatullah dan Fikra Najitama. Turut serta dosen Program studi Ekonomi Syariah S1 IAINU Kebumen, Siti Ngatiqoh. Rombongan diterima oleh Prof.Dr. Noor Faridah Abdul Manaf (Deputy Dean) Research Initiatif Unit resach Manajeman University Malaysia) atau Direktur Pascasarjana.

Rektor IAINU Kebumen Dr.Imam Syatibi MPd kepada Kebumen News menyatakan bahwa kunjungan ini selain pengembangan prodi syari’ah juga dilakukan dalam rangka menguatkan kualitas dalam menyiapakan calon megister Pascasarjana. Harapannya, kami expert dalam bidang manajamen pendidikan dan ekonomi syariah. Hal ini mendukung tantangan MEA. Di mana S1 dan magister S2 IAINU harus mampu bersaing, bersaing tidak hanya di tingkat nasional tapi dalam kompetisi global.

“Hal itu sebagai langkah program S2 Pascasarjana sebagai bentuk branchmarking pendidikan ke Malaysia, kami berharp dengan pengalaman dan wawasan global ini dapat menyiapkan sumber daya yang expert, negara Malaysia dipilih di samping karena pendidikannya lebih unggul, juga adanya dukungan kerjasama IAINU Kebumen dari pengurus istimewa NU Malaysia. IAINU Kebumen rencana akan membuat laboratorium ekonomi syariah aplikatif dengan menjalin kerjasama dengan semua pihak” Tutur Imam Satibi. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.