8:16 pm - Senin Maret 30, 2020

Ada Dua Singa Bertarung Di Lukisan Alam Dinding Goa Deot Totogan

1709 Viewed kebumenn 0 respond
Warna Batuan di gua Deot ini membentuk lukisan alam yang luar biasa

Kebumen News – Tak terasa kini kami se-rombongan Tim Kebumen News Adventure telah sampai di tepi sungai Lukulo Desa Totogan. Perjalanan kami dengan sepeda motor harus berhenti sampai di sini mengingat medan yang tak memungkinkan lagi kami lanjutkan. Sepeda motor kami parkir di tepian Sungai Lukulo yang berada di dukuh Deot Desa Totogan Kecamatan Karangsambung. (16/03 )

Bagi kami yang baru pertama kali ke sini terpaksa tercengang dengan medan yang baru kami lalui. Setengah tak percaya jika kami sudah sampai pada goa ini melihat sulitnya medan yang harus kami tempuh. Tetapi rupanya perjuangan belum berakhir.

Kami se-rombongan harus melepaskan sepatu karena akan segera menyeberang sungai ini tanpa bantuan apapun. Aaaaah seperti pada jaman tahun 60 an saya kira yang harus menyebrang sungai dengan cara seperti ini. Melewati medan seperti ini justru menambahkan keasyikan tersendiri bagi kami se-rombongan tim. Air sungai yang sangat jernih membuat kami tetap menikmatinya. Air sungi yang kami seberangi memang tak dalam namun cukup deras arusnya sehingga harus berhati-hati. Belum lagi bebatuan yang berada dalam sungai ini kadang ada yang licin membuat kita lebih waspada dan ekstra hati-hati lagi.

Setelah sampai di seberang sungai kami istirahat sejenak sambil menunggu anggota rombongan yang tengah menyeberangi sunagi. Baru sampai di tepian sunagi saja kami sudah terobati dengan pemandangan alam yang berada di sekitarnya. Terik matahari yang menyengat tubuh kami karena ketika salah satu dari anggota rombongan melihat jam telah menujukan pukul 12.00 wib. Cuaca yang cukup panas seperti ini tak membuat kami untuk menghentikan langkah.

Rombongan mulai memasuki hutan desa yang berada di bawah kaki bukit goa tersebut. Langkah kaki kami belum jauh memasuki hutan ini kami telah disambut oleh rumpun bambu yang berjajar di kiri dan kanan jalan. Sambutan pohon bambu ini membuat kami merasa nyaman. Keadaan yang sejuk kini telah berubah menjadi panas sekali `bagaikan berada di tepian pantai. Keringat bercucuran membasahi jidat kami. Kondisi ini bisa terjadi karena kami harus melewati semak belukar yang cukup liar. Belum lagi tumbuhan ilalang yang tumbuh bebas menambah kondisi alam yang begitu lengkapnya. Kami serombongan terpaksa juga mengalami kesulitan karena akses jalan yang sudah tertutup oleh tumbuhan ini. Dengan penuh sigap salah satu dari anggota kami langsung mencari jalan masuk menuju pintu goa ini. Semak belukar yang tumbuh setinggi orang dewasa ia injak saja dengan kakinya hingga terbuka jalan bagi kami. Tak berselang lama ditemukanlah pintu masuk ini.

Di antara kami cukup kaget dengan pintu masuk goa ini yang berbeda dengan yang pernah kami temui. Pintu yang berbentuk seperti lorong yang hanya bisa dilewati satu orang saja membuat kami cukup kagum dengan keunikan goa ini. Tak sabar itulah yang kami rasakan untuk mengetahui lebih jauh keadaan isi goa. Rasa penasaran membuat kami lupa dengan keadaan yang masih lelah setelah mendaki dan melewati medan yang menguras tenaga.

Perlahan namun pasti kami mulai memasuki ke dalam goa ini. Goa yang masih sangat alami itulah yang kami rasakan saat berada didalamnya. Di sana sini terdapat akar pohon yang menjalar dengan bebas tanpa ada yang mengganggunya. Belum lagi warna bebatuan yang masih asli, seakan membentuk lukisan alami yang begitu menawan setiap mata yang melihatnya. Seperti foto ini, yang jika diputar sembilan puluh deajat akan tampak seperti dua singa yang sedang bertarung.

Untuk menyusuri ke dalam goa ini kaki anda akan mengalami sensani yang berbeda karena kondisi batu yang tajam. Jika tidak berhati-hati maka akan dengan mudah tergores oleh ketajamn batu ini.

Tulisan ini tak akan mampu menguraikan semuanya tentang apa yang kami rasakan saat menyusuri goa tersebut. Karena itu bagi yang ingin meraskanya dianjurkan untuk segera mendatanginya. (A-42)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Tahukah Anda, Ternyata Di Totogan Ada Destinasi Goa Luar Biasa

Mengasah “pamor” Seni Batuan Kebumen

Related posts