Peringatan Hari Bebas Sampah Nasional di Kebumen Melibatkan Ratusan Relawan

1278 Viewed bram
Advertisment Single content advertisement top

Kebumen >> Sekitar 200 orang yang terdiri dari berbagai komunitas dan masyarakat umum diantaranya komunitas Explore Kebumen (yang bertindak sebagai komunitas kolaborator), Kebumen Memotret, Kebumen Keren, Permataku, Visit Kebumen, Imake Unnes, Paguyuban Duta Wisata Kebumen, Duta Lingkungan Hidup, Duta Wisata Jawa Tengah, Mapala Trabas STIE, Gaspala SMA N 2 Kebumen, Ikaspala SMA N 1 Kebumen, IMM Stimugo, MTMA Kebumen dan beberapa komunitas lain menjadi relawan dalam peringatan Hari Bebas Sampah Nasional di Pantai Bopong, Puring Kebumen (21/2/2016).

Mereka melakukan aksi bersih-bersih pantai Bopong dari sampah secara bersama-sama sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan dan alam sekitar terutama dari jenis sampah anorganik. Adapun kegiatan tersebut adalah agenda bersama yang juga dilaksanakan oleh banyak kota lain di Indonesia sebagai wujud keprihatinan dan aksi nyata dalam penanganan sampah. Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 09.00 WIB s/d pukul 12.30 WIB ini diantara adalah pemungutan dan pemilahan sampah organik dan anorganik, pengumpulan sampah, sosialisasi mengenai sampah dan penanganannya oleh ibu Ir. Kharisah, MM , serta silaturahmi dan dialog antar komunitas untuk penyelenggaraan event selanjutnya secara bersama-sama.

Menurut koordinator aksi, Imam Fauzi, mengatakan kegiatan bersih pantai Bopong dalam rangka peringatan Hari Bebas Sampah Nasional ini sebelumnya sudah pernah dilaksanakan beberapa bulan lalu di pantai Suwuk dengan melibatkan sekitar 35 orang peserta dengan mengambil tema “Save Our Beach”, dan kegiatan di pantai Bopong itu sendiri mengambil tema “Peduli Sampah Kebumen, dari Kebumen untuk Indonesia.”

Imam Fauzi menuturkan masalah sampah merupakan masalah yang berkepanjangan terjadi akibat kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan alam sekitar. Keprihatinan terhadap sampah yang mengotori alam Kebumen menjadi motivasi untuk mengumpulkan dan memberitahukan kepada masyarakat untuk melaksanakan kegiatan ini, mengenai pemberitahuan akan dilaksanakannya acara tersebut hanya dilakukan melalui jejaring sosial Instagram, Facebook, Path dan Twitter dan berhasil mendatangkan orang-orang yang tergerak untuk ikut ambil bagian dalam aksi peduli sampah tersebut. Semoga kegiatan tersebut berkelanjutan dan lebih baik lagi demi terciptanya Kebumen yang bersih, indah, manfaat, aman, dan nyaman. ( B82/Iman Fauz)

 

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Kemiskinan Menjadi Fokus Kerja Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2016-2021

Bayi ‘Sengaja’ Dibuang di Depan SD Karanggadung Petanahan

Related posts