Wuih..Indahnya Pelangi Di Sawangan Adventure

Kebumen – Mungkin tak berlebihan bila pelangi dan sendang (kolam pemandian-pen) bisa mengingatkan banyak orang di Jawa pada legenda Jaka Tarub; cerita rakyat yang mengisahkan pertemuan seorang pemuda dengan bidadari yang akhirnya keduanya menikah.

Nah, di salah satu sisi kawasan pegunungan karst Gombong selatan ada satu lokasi wisata rintisan yang dinamai Sawangan Adventure. Paduan pegunungan karst, gua dan pantai indah ini berada pada lokasi peta dengan titik koordinat 7,756726°LS 109,398220°BT. Secara administratif pantai Sawangan ini masuk dusun Nagasari desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen.

Pengelola obyek wisata diampu sepenuhnya oleh pemuda dan warga setempat yang tergabung dalam pokdarwis Sawangan, didukung Kades dan perangkatnya; sejak medio 2015 lalu terus membenahi lokasi ini agar bisa menjadi salah satu destinasi wisata pilihan yang unik dan variatif.

Keunikan obyek wisata pantai dan gua karst yang satu ini adalah curug pelangi, air terjun setinggi 50 meter yang memendarkan pelangi saat cuaca cerah dimana matahari bersinar dengan teriknya. Di sisi sebelahnya terdapat air terjun yang lebih kecil dengan Sendang Bidadari di bagian bawahnya.

Lokasi Sawangan Adventure ini bisa dicapai melalui akses jalan masuk menuju pantai Menganti desa Karangduwur, dengan mengambil jalur belok ke kanan di tengah pemukiman penduduk. Atau melalui jalan rintisan lain di desa Karangduwur menapaki sisi kawasan Perhutani yang belum diaspal. (Kn/4)

 

 

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.