3:21 am - Sabtu April 11, 2020

Paket Wisata Sawangan Adventure, Tawarkan Multidestinasi

1902 Viewed Masyarakat Karst 0 respond
Statis-pool di dalam perut Gua Siwowo

Kebumen – Dari areal parkir yang cukup luas dengan beberapa warung makanan dan minuman, Suhu Sarpan, Hendri, Tofik, Bangkit; menjelaskan harga tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- termasuk parkir kendaraan. Pengunjung bisa menikmati telusur tracking menuju gua karst Surupan, Siwowo dan Gua Campur. Tracking dengan jalur naik turun sepanjang ratusan meter ini berakhir di paparan teluk Sawangan dengan pantai Samudera Indonesia nan elok berkuala sungai bening yang yang tak putus mengalirkan air dari sumber di gua-gua karst bagian hulu atasnya.

Gua Campur adalah gua fosil dengan banyak stalagtit semi basah yang dapat mengeluarkan bunyi dengan nada tertentu jika dipukul. Sehingga dapat digunakan untuk memainkan komposisi musik dengan ritme tertentu. Lokasi Gua Campur ini berada di sisi atas tak jauh dari areal parkir kendaraan.

Gua karst lainnya adalah Gua Siwowo yang biasa dipakai juga untuk aktivitas Rappling. Sejauh ini gua yang memiliki serambi cukup luas acap kali dipakai kelompok pecinta alam untuk latihan dasar. Namun begitu, pengunjung secara kolektif juga bisa memanfaatkannya dengan indent terlebih dulu karena perlatannya harus dirental. Demikian pula untuk aktivitas Caving maupun Panjat Tebing di lokasi sekitarnya.

Gua Siwowo pada masa kolonial pernah dieksplorasi untuk penggalian tambang phospat. Sisa-sisa lubang bekas penggalian masih ada hingga sekarang. Gua ini juga memiliki jalan tembus ke beberapa gua karst lainnya, tetapi medan telusur gua memang penuh tantangan dan harus menggunakan set peralatan caving lengkap. Medan dengan lorong-lorong di dalamnya tergolong cukup berat. Tetapi bagi yang bernyali besar akan mendapati pengalaman istimewa dalam petualangan gua. Terdapat lereng terjal, air terjun dalam gua, statis-pool, dengan kubah serta ornament gua karst yang sangat unik dan tak bisa dijumpai di permukaan bumi.

Di bagian luar, dekat paparan pantai elok Sawangan; ada ceruk dengan bentangan lereng curam yang pada waktu-waktu tertentu muncul kawanan monyet. Populasi monyet di kawasan ini berkembang dalam koloni-koloni sekitar 50-an ekor tiap kelompoknya. Obyek wisata Sawangan Adventure memang mencakup kawasan Perhutani yang membentang antara hulu pantai Pecaron dan Karangagung.

Di gua karst Karangduwur lainnya tak jauh dari kawasan pantai Sawangan yang memang eksotis, terdapat gua di Tanjung Nogosari dengan populasi burung walet yang untuk saat ini merupakan penghasil sarang burung terbesar melampaui produksi sarang burung Gua Karangbolong yang terkenal selama ini. Di kawasan hutan Sawangan Adventure terdapat pula populasi burung jalak, glatik, elang dan ayam utan. Ada pula trenggiling, landak; juga kelelawar gua.

Sawangan Adventure adalah sebuah rintisan obyek wisata yang sejak 18 Mei 2015 lalu, merupakan pilihan destinasi wisata yang cukup lengkap dan variatif. Pengunjung juga dapat memilih paket wisata tracking, rappling, panjat tebing, flying-fox dg anker alami yang dibentangkan mengatasi areal parkir kendaraan.

Bagi yang tak memilih paket dengan panduan warga setempat, bisa juga menikmati teluk dengan eksotisme pantai, pemancingan laut, mandi di “telaga bidadari” dekat Curug Pelangi. Atau wisata Gua Surupan, Gua Siwowo Kulon yang punya jalur caving tembus Gua Siwowo Wetan.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
prev-next.jpg

Beginilah Rangkaian Acara Pelantikan Bupati Kebumen Bakal Berlangsung

Konflik Urutsewu Memanas di Petangkuran

Related posts