Memotret Tradisi Bongkoan Maulid Anak di Masjid Darul Hikmah

[one-third-first][W]arga Kedungabajul jamaah Masjid Darul Hikmah Kedungbajul Bojongsari  mengadakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H. Acara tersebut mengambil tema ‘Mari Kita Teladani Akhlak Rosululloh Dalam Kehidupan Sehari-hari’.[/one-third-first]
[two-thirds] Kegiatan Maulid di Masjid Darul Hikmah sangat beragam, mulai pembacaan al-Barzanji Bapak, al-Barzanji Ibu, Peringatan Maulid Nabi Bagi Orang Tua dan Peringatan Maulid Nabi bagi anak-anak.

Peringatan Maulid bagi Anak-anak yang dilaksanakan pada malam Minggu (26/12/2015) berjalan sangat meriah. Acara tersebut terdiri atas berbagai bentuk kegiatan, antara lain Pertas Seni Drama, Pentas Anak Sholeh, Pelepasan Balon Api dan Bongkoan. Bongkoan adalah tradisi dimana anak-anak datang ke Masjid untuk acara Maulid dengan membawa berbagai macam jajanan dan makanan kesukaan anak-anak yang dimasukan dalam baskom (wadah besar).

Setelah didoakan, makanan kemudian bisa dinikmati atau dibawa pulang lagi. Menurut Sifa Fauziah, Mahasiswa KKN Mandiri IAINU Kebumen yang ikut sibuk menyiapkan acara tersebut menyatakan bahwa bongkoan merupakan tradisi yang cukup menarik karena anak-anak datang dengan gembira membawa banyak makanan ke Masjid.

Fikria Najitama sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di desa tersebut merasa senang dengan keikutsertaan Mahasiswa KKN dalam acara Maulid Nabi bagi Anak-anak tersebut. Bahkan dengan antusias menyatakan bahwa tradisi Maulid Nabi bagi Anak-anak harus terus dilestarikan. “Tradisi bongkoan harus tetap dipelihara karena merupakan local tradition yang menggambarkan betapa kayanya budaya Islam Nusantara” tambahnya.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

bram

Berbagi itu asik

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Or

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.