Wisata Karst Ini Hanya Bisa Dinikmati Saat Kemarau

#Wonosobo

[L]obang Sewu Desa Erorejo Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo menyimpan keindahan alam tak ternilai. Kawasan ini berada di rendaman Waduk Wadaslintang dan tidak jauh dari Kabupaten Kebumen. Situs pariwisata tersebut menawarkan keindahan alam yang terbentuk secara alami oleh kikisan air tanpa sentuhan manusia. Tetapi anda harus datang ke sana pada saat yang tepat.

[one-half-first]

[B]udi adalah seorang warga yang berhasil mengunjungi lokasi Lobang Sewu pada saat yang tepat, pasalnya wisata ini hanya bisa dinikmati pada musim kemarau atau mangsa ketiga. Hal ini disebabkan karena debit air Waduk Wadaslintang menurun atau menyusut saat kemarau. Maka secara otomatis batu kapur yang semula tenggelam oleh genangan air di waduk akan terkuak.

Lubang sewu adalah batuan karst yang terbentuk oleh kikisan air yang membentuk ukiran indah di desa Erareja Wadaslintang. “Lokasi ini akan terlihat semakin indah saat surut dan air masih berada di kaki-kaki karst, sangat berbeda dengan kondisi saat air sudah terlepas sama sekali di kaki karst[/one-half-first]
[one-half]

photo sepesia wonosobozone
photo wonosobozone

karena tanah di sekitar lubang sewu sudah ditumbuhi rumput” Tutur Budi warga Desa Lancar Wadaslintang.

Saat musim hujan 90% batu karst ini akan tertutup air, dalam kondisi ini keindahan tetap bisa dilihat di dalam air, apabila melalukan penyelaman. “Karena bila datang musim hujan Lubang Sewu akan menghilang karena genangan air akan menenggelamkan Lobang Sewu sehingga hanya bisa dilihat dengan ‘wisata alam dalam air’ dengan melakukan penyelaman” Tutur Mingan warga Erareja. (E1)

[/one-half]

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

bram

Berbagi itu asik

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer