Teater Dikalangan Pelajar dan Mahasiswa

#Kebumen #news

[D]unia seni teater dewasa ini semakin berkembang dikalangan pelajar dan mahasiswa. Hal ini cukup membuktikan minat serta bakat masyarakat Kebumen terhadap seni yang sarat dengan dialog dan olah tubuh khususnya para remaja. Seperti yang terlihat pada Workshop ke-X teater Gerak hari ini dengan mengusung tema Total Art (Jumat,18/09/15).

[one-half-first][B]anyaknya pesan moral yang terkandung dari setiap pementasan teater menuntut kemampuan seorang aktor untuk menampilkan dan menggambarkan sosok yang sedang dibawakan.Tidak hanya meniru tapi seorang aktor harus bisa menjiwai karakter yang diperankan sehingga nantinya benar-benar menghidupkan pementasan. Selain itu penggambaran-penggambaran kejadian dan situasi juga sangat penting.

Keberhasilan suatu pementasan terletak bagaimana sebuah cerita yang di tampilkan mampu membawa penonton hanyut didalamnya. Dalam sebuah pementasan ada kalanya melibatkan puluhan pemeran dan dibutuhkan kepiawaian sutradara yang nantinya mengatur dan mengarahkan para aktor agar sebuah pementasan benar-benar menarik,[/one-half-first][one-half][/one-half]  selain itu dibutuhkan  juga beberapa orang team yang berada dibalik layar dengan tugas masing-masing. Orang tua kita dulu mengenal drama hanya dalam bentuk ludruk, ketoprak dan wayang orang. Tapi kini masyarakat Kebumen sudah mulai bisa menikmati sebuah pagelaran teater.

Supaya pementasan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, maka perlu persiapan yang matang seperti properti, setting panggung, lighting, musik serta kesiapan aktor baik dari gerak tubuh maupun dialog. Materi tersebut yang diajarkan pada Workshop ke-X teater Gerak di gedung auditorium IAINU Kebumen. Workshop yang dihadiri oleh beberapa SMA/SMK serta mahasiswa mengupas tuntas semua materi baik olah vocal, olah rasa, gerak, serta pemahaman tentang teater itu sendiri. (Opal)

Video

 

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer