1:14 am - Sabtu April 11, 2020

Petisi PERPAG Tolak Penambangan Semen Di Kawasan Karst

1610 Viewed kebumenn Komentar Dinonaktifkan pada Petisi PERPAG Tolak Penambangan Semen Di Kawasan Karst

[one-half-first][P]ERPAG melayangkan surat pernyataan yang ditujukan kepada Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Komnas HAM, Gubernur Jawa Tengah, Bupati Kebumen dan DPRD Kebumen. Dalam upaya penolakan terhadap rencana penambangan pabrik semen di kawasan karst.[/one-half-first]
[one-half][/one-half] Dalam surat yang bernomor : 001/PERPAG/KBM/2015 menyatakan kekhawatiran masyarakat akibat dampak lingkungan terkait penyusunan AMDAL PT. Semen Gombong  yang belum sepenuhnya melibatkan seluruh masyarakat yang akan terkena dampak. Dalam penyusunannya PT. Semen Gombong akan menggunakan mesin canggih yang ramah lingkungan namun tidak pernah mengikutkan masyarakat sekitar untuk studi banding ke tempat “tambang dan pabrik semen yang ramah lingkungan”.

Surat tersebut merujuk pada keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor : 1456/K/20/MEM/2000  tentang pedoman pengolahan kawasan karst pasal 12. Selain itu juga merujuk pada peresmian oleh Presiden RI pada tanggal 06 Desember 2004 Kawasan karst gombong selatan sebagai kawasan Ekokarst. Peresmian yang ditetapkan di Wonosari Gunungkidul juga sebagai kawasan lindung Kebumen.

Pemanfaatan sumber daya alam seharusnya tidak boleh menyebabkan kerusakan lingkungan dan mengancam kesuburan sumber daya alam, sebagai pendukung kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya. Seperti yang tertuang pada pasal 33 UUD 1945 tentang dasar-dasar perekonomian dengan prinsip kebersamaan, berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan.(Opal)

Untuk melihat lebih banyak Video

Surat petisi tersebut ditujukan kepada:
Presiden RI
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI
Ketua KOMNAS HAM
Gubernur Jawa Tengah
Bupati Kebumen
DPRD Kebumen.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Penambangan PT. Semen Gombong ancam kerusakan Lingkungan

Membaca Kritis Perubahan Bentang Alam Karst Gombong Selatan

Related posts