2:40 am - Jumat Oktober 30, 2020

Organisasi Penyelamat Karst Gombong Terbentuk

1364 Viewed kebumenn Komentar Dinonaktifkan pada Organisasi Penyelamat Karst Gombong Terbentuk

[K]ebumen – Setelah mengalami serangkaian musyawarah dan proses akhirnya Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong (Perpag) terbentuk. Organisasi rintisan yang berdiri di desa Sikayu ini mewadahi perjuangan masyarakat dengan visi penyelamatan kawasan karst Gombong selatan ini memiliki 1.700 orang anggota dan akan terus berkembang seiring upaya ekspansi basis massanya.

[one-half-first]

[O]rganisasi yang murni tumbuh dari respons masyarakat terdampak, berkaitan dengan rencana operasionalisasi pt Semen Gombong di Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK) Gombong selatan ini, diawali dari temu musyawarah beberapa kelompok tani di Gapoktan desa setempat. Dalam pertemuan-pertemuan selama bulan Agustus 2015 ini terjadi diskusi dan interaksi pemikiran mengenai pentingnya fungsi karst di kawasan itu. Untuk desa Sikayu sendiri terdapat 6 pedukuhan dan sekitar 80% kawasan karst bakal terancam eksploitasi pabrik semen yang tapaknya dibangun di Desa Nogoraji (Buayan).

Struktur organisasi Perpag terdiri dari Ketua Umum Samtilar, Wakil: Lapiyo, Sekretaris I: Nanang Triyadi dan Sekretaris II: Adi Budiawan. Sedangkan Siti Hanifah didaulat sebagai Bendahara. Koordinator: Samsi dan Karjono. Struktur di bawahnya terbentuk di 6 pedukuhan, masing-masing dukuh Jeblosan (Sumeri, Karto Wiyadi, Warisman, Sunaryo);
Karangkamal (Ansori, Darmadi, Sardimin, Siswadi);
Karangreja (Sardi Aswadi, Budi Riyadi, Siti Fatimah, Edi Prayitno);
Kewunen, (Sutoyo, Sarwin, Riyaho, Sumarto); menyusul dukuh Semende (Kukuh cs) dan dukuh Kopek yang saat ini tengah dipersiapkan.[/one-half-first][one-half].[/one-half]

[K]ontrak Politik Rakyat
Pengalaman berorganisasi masyarakat di Kawasan Bentang Alam Karst Gombong Selatan ini bukan baru kali ini. Masyarakat belajar dari pengalaman empirik yang pernah ada. Pengalaman empirik ini ditambah fakta kejadian yang tengah menimpa berbagai daerah, seperti Kendeng utara dan Giriwoyo; memberi pelajaran seputar kelebihan dan kelemahan berorganisasi serta bagaimana mengelola dinamikanya.
Respons terhadap rencana operasionalisasi pabrik semen di wilayah yang dikategorikan sebagai kawasan karst terumbu (K.1) berdasarkan aturan ekologis; rentan dimanipulasi oleh penentu kebijakan. Tengara manipulasi data dan pemetaannya juga terjadi atas perubahan KBAK Gombong selatan.

Sebagai upaya preventif untuk meminimalisir hal-hal yang merugikan perjuangan masyarakat ke depan, musyawarah pleno Perpag merumuskan suatu Kontrak politik kerakyatan unik yang pernah ada. Subtansi kontrak politik kerakyatan ini, pada intinya merupakan manifestasi ikatan perjuangan murni yang diikuti sangsi sosial dan hukuman denda, terutama bagi pengurus organisasi yang melanggar janji. (AP)

 

 

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Dinilai Rusak Lingkungan PMII Tolak Tambak Udang

prev-next.jpg

Perayaan Hari Komunitas Nasional tahun ketiga bertajuk “Action For Nation!!”

Related posts