Kebumen News Berita features Budaya Kebumen dan sekitarnya

29 September 2015

Komisi Fatwa MUI Usulkan Sekolah Tetap 6 Hari

Filed under: Pendidikan — Tag: , , , , — bram @ 9:33 pm

[K]ebijakan Lima Hari Sekolah dengan meniru lima hari kerja kantor dalam dunia pendidikan baru-baru ini mendapat sorotan dan ‘perlawanan’ dari tokoh agama maupun akademik dan tokoh masyarakat, mereka mempermasalahkan kebijakan gubernur Jawa Tengah tentang sekolah masuk 5 hari.

[one-half-first][S]alah satu lembaga yang menjadi gerah adalah Majlis Ulama Indonesia. MUI dari kabupaten Kebumen mengusulkan agar tetap enam hari masuk. Usulan ini diajukan dalam forum triwulanan MUI Jawa Tengah yang berlangsung di Kampus UNSIQ Kabupaten Wosobo, usulan disampaikan oleh Komisi Fatwa MUI Kabupaten Kebumen Ali Mu’in Amnur LC. M.Pd.I yang juga sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Al Istikomah Petanahan Tanjungsari.

Ali Mu’in menyatakan sangat menyayangkan kebijakan lima hari sekolah karena dinilai kurang efektif dilihat dari berbagai sisi. Dengan waktu sekolah 5 hari mengakibatkan anak tidak bisa membantu orang tua. Karena anak-anak kehabisan waktu di sekolah. Saat pulang ke rumah sudah capai dan tidak lagi dapat mengaji atau memperdalam ilmu agama seperti yang selama ini sudah berjalan.

Selain kehabisan waktu mengaji, siswa juga tidak lagi dapat membantu pekerjaan orang tua. [/one-half-first]
[one-half][/one-half] Padahal kebanyakan siswa dari keluarga menengah ke bawah setelah pulang sekolah langsung melakukan aktifitas membantu keluaraga. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban kebutuhan keluarga. Aktifitas itu seperti pergi ke ladang, mencari pakan hewan piaraan, menunggu padi di sawah, menanam palawija dan lain-lain. Kini mereka yang masuk lima hari kerja tidak lagi bisa melakukan aktifitas tersebut.

Apalagi di bagian sosial masyarakat terutama dalam pendidikan agama. Kegiatan TPQ dan Madin jelas terkena dampak yang sangat signifikan, guru-guru madin dan TPQ banyak yang masih duduk di SLTA. Maka secara tidak langsung guru TPQ atau Madin akan libur karena mereka lelah sehabis pulang sekolah sore.

“Kami mohon kebijakan pendidikan 5 hari sekolah agar ditinjau ulang karena dari segi hasil dan dampak sosial terhadap pendidikan agama anak, interaksi harian dengan lingkungan dan keluarga sangat berpengaruh.” Tutur Ali Muin Amnur. (B82)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

Komentar ditutup.

Powered by WordPress