“Pemasangan Stiker/Branding Mobil tidak Dibenarkan”

Kebumen : Stiker merupakan salah satu alat peraga kampanye yang diatur dalam Peraturan KPU No. 7 tahun 2015 tentang Kampanye. Dalam ketentuan tersebut, khusus alat peraga stiker yang dibuat oleh KPU sudah ditentukan ukurannya yaitu 5 x 10 cm. Saat ini pemasangan stiker menjadi salah satu alat peraga kampanye yang cukup efektif, selain dapat bertahan lama, juga dapat dipasang di berbagai tempat dan barang.

Menjelang kampanye, biasanya mobil pribadi maupun angkutan umum biasanya marak ditempeli stiker dengn berbagai ukuran, atau disebut dengan branding. Seiring dengan permasalahan pemasangan stiker atau branding mobil, KPU menyampaikan adanya Berita dari KPU Jateng, bahwa ”di tingkat Provinsi telah ada kesepakatan antara KPU, Bawaslu, Polda Satpol dan Dishup Provinsi Jateng. Isi kesepakatan tersebut adalah : 1) Paslon dapat membentuk Sekretariat untuk sarana koordinasi di Tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa yang masing-masing 1 unit, dengan atribut nama Foto Paslon dan nama Sekretariat, 2) APK yang dipergunakan adalah APK yang digunakan KPU, dan KPU tidak bertanggungjawab atas keamanan alat peraga kampanye, 3) Branding mobil diperbolehkan sepanjang menggunakan alat peraga kampanye yang sesuai perundang-undangan 4) Bawaslu akan mensosialisasikan segala ketentuan agar tidak terjadi tindakan di luar ketentuan” jelasnya.

Menurut anggota Panwas Kabupaten Kebumen, Supriyanto, yang hadir dalam Rakor KPU dengan Tim Paslon tentang Sosialisasi Ketentuan Kampanye Kamis, 20 Agustus 2015, menjelaskan ”Kesepahaman tersebut juga pernah di sampaikan oleh Bawaslu untuk menjawab kegamangan Panwas Kabupaten/Kota, karena ketentuan pemasangan stiker di mobil memang sumir. Dengan adanya kesepahaman bersama, maka kita kembali ke aturan, sebagaimana pasal 26 Peraturan KPU No. 7/2015,” tegasnya

Suratno, Ketua Panwas Kabupaten kebumen menambahkan, bahwa ”branding mobil selain tidak dibenarkan menurut ketentuan KPU, juga melanggar peraturan lalu lintas, sebab warna mobil menjadi tidak seperti aslinya” (Panwas_Kebumen)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab

bram

Berbagi itu asik

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer