8:32 pm - Senin Maret 30, 2020

Asal Muasal Toponim Desa Korowelang

1068 Viewed Iwan Iwan Komentar Dinonaktifkan pada Asal Muasal Toponim Desa Korowelang

KEBUMEN On Line.www.kebumennews.com- Awalnya desa Korowelang bernama desa Banjarejo. Bupati Arungbinang setelah melakukan perjalanan saat itu singgah untuk beristirahat di sebuah batu besar yang di desa tersebut, tepatnya di dukuh Batu Kuwuk. Secara bentuk dan rupa sebenarnya tidak ada yang istimewa dengan batu tersebut. Namun,  perlu diketahui bahwa batu besar yang persis berada di pinggir jalan sekaligus di atas kali merupakan batu istimewa, dalam istilah Jawa Punden. “Menurut cerita dari orang tua Batu yang pernah menjadi tempat singgah bupati Arungbinang merupakan batu istimewa atau dalam istilah jawa batu Punden,” Tutur Kepala desa Korowelang, Nur Mujamil saat ditemui Kebumennews.com, di kantornya.

Nur Mujamil menjelaskan keistimewaan batu (Punden) tersebut yaitu kalau batu tersebut di jatuhkan ke kali tanpa diketahui masyarakat batu batu tersebut kembali ke tempat semula. Awalnya Nur Mujamil juga mengaku tidak penasaran dan sempat mau mencoba menjatuhkan batu tersebut ke kali. Namun, karena terlalu besar dia mengaku tidak kuat. “Saat mau mencalonkan diri sebagai kepala desa, saya berencana untuk menjatuhkan batu tersebut, namun karena batunya yang terlalu besar dan bobotnya yang berat saya pun menggagalkan rencana tersebut,” beber Nur Mujamil.

Saat Bupati Arungbinang beristirahat di sekitar lokasi mendadak banyak terdapat ular welang dan sempat mengundang kehebohan warga. Muali saat itu nama tersebut diberi kana Korowelang.

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
prev-next.jpg

Dance walking trend hits Toronto

Pesawat Boeing 737-200 ‘Mendarat’ di Pantai Suwuk Kebumen

Related posts