8:33 am - Rabu Juni 3, 2020

Budaya Bukan Agama

513 Viewed Agus Nur Komentar Dinonaktifkan pada Budaya Bukan Agama
single-thumb.jpg

Kebumen-Terlepas dari keyakinan yang benar atau salah, masyarakat sangat meyakini akan ritual yang dilakukannya, karena agama tetaplah agama, budaya bukanlah agama.  pemetaan wilayah keyakinan harus dipahami betul oleh masyarakat luas, sehingga tidak tercampuradukkan.

Seperti pengakuan dari Sigit Purwoko, salah satu masyarakat yang sangat aktif mengikuti kegiatan ini. ia mengatakan dengan semangat dalam bahasa jawa ngapaknya, “Iya mas, mantep banget, enyong nek bar melu barit sapiku lemu-lemu, tanduranku ya themlek-themlek (iya mas, mantap sekali, selepas mengikuti acara ritual ini, sapi saya menjadi gemuk-gemuk, tanaman saya menjadi subur).“ pernyataan yang polos dari seorang petani desa menunjukkan satu keyakinan yang kokoh.

Walaupun kebenaran sudut pandang ini, tidak bisa dicampuradukkan dengan pemahaman sebuah agama. Namun, khasanah kebudayaan ini tercermin kuat dari orang desa yang sudah semestinya menjadi acuan bagi pemerintah setempat untuk terus menjaganya agar tidak punah digilas perkembangan arus informasi dan teknologi yang semakin menjadi-jadi.  Sarwono

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
News Feed
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Menggali Sejarah Kebumen Melalui Jejak ‘Sesepuh’

prev-next.jpg

Berkarya Bersama Kita Bisa

Related posts