7:16 pm - Sabtu Agustus 18, 2018

Opini

Latest News on Opini
Puisi Ngapak “Waton Muni” Kus Diesel Dig...

Puisi Ngapak “Waton Muni” Kus Diesel Digelar di Gombong 

Pernahkah terbayang bahwa di sela pekerjaan hariannya di bengkel, seorang mekanik spesialis mesin diesel masih sempat menulis puisi?   Itu lah yang dilakukan Tunjung Kusmanto yang karena kesehariannya bergumul dengan mesin diesel, kemudian lebih dikenal sebagai Kus Diesel, hingga akhirnya... read more »

PAUD PENCETAK “GENERASI EMAS”

PAUD PENCETAK “GENERASI EMAS”

Generasi emas masa depan Dewasa ini, perkembangan lembaga pendidikan cukup signifikan. Hal ini bisa dilihat dengan adanya beberapa lembaga pendidikan yang masih tergolong baru. Seperti halnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD ini sebagai wujud harapan bagi masyarakat untuk dapat menciptakan... read more »

Radikalisme Dalam Dunia Maya, Picu Poten...

Radikalisme Dalam Dunia Maya, Picu Potensi Kekerasan

Kebumennews >> Belakangan banyak sekali bermunculan isu yang cenderung bersifat provokatif beredar di media sosial (Medsos). Seperti isu yang sempat menjadi viral di sebuah kecamatan di Kebumen. Juga isu Pilgub Jakarta yang saat ini sedang trend, viral yang mengandung SARA terus ... read more »

Santri Dididik Disiplin Melalui Olahraga...

Santri Dididik Disiplin Melalui Olahraga Pencaksilat

Kebumen >> Puluhan santri Taman Pendidikan Al-quran (TPQ) Al Maunah Desa Setrojenar Buluspesantren Kebumen diajari kedisiplinan dengan berolahraga pencaksilat bersama yang dilaksanAkan di lapangan terbuka di wilayah setempat secara rutin setiap Minggu pagi. Santri di  Taman Pendidikan... read more »

Tugu Lawet Bakal Diganti, Jangan Lupakan...

Tugu Lawet Bakal Diganti, Jangan Lupakan Simbol Sejarah

Kebumen News >>  Kabar tentang Tugu Lawet yang bakal dibongkar membuat banyak kalangan bertanya-tanya merespon. Tugu maskot yang terletak di pusat Kota Kebumen itu dinilai kurang menjual. Tak tanggung-tanggung Bupati Kebumen HM Yahya Fuad yang bakal  merombak total tugu kebanggaan... read more »

Dilupakannya Folklore Kebumen

Dilupakannya Folklore Kebumen

Kebumen NEWS >> Dalam perdebatan budaya, menjadi manusia jawa hari ini bisa memilih seribu wajah. Pasca menguatnya semangat lokalitas, kini tidak ada tafsir tunggal tentang kebudayaan jawa yang monolistik. Justru harihari ini nuansa lokalitas jawa itu terfragmentasi secara baik dalam beberapa... read more »

More from Opini

Toponimi ‘Joko Sangkrib’ Asal Muasal Kebumen

KebumenNews >> Kebumen berasal dari kata Ki Bumi. Nama ini diambil dari Ki Bumidirjo, paman Amangkurat IV yang memilih meninggalkan istana (keraton) Mataram karena tidak sepaham... read more »

Pendidikan Keluarga dan Pembentukan Karakter Anak

Andai saja John Dewey (1858-1952) masih hidup, barangkali ia akan merasa terkejut oleh banyaknya masyarakat saat ini yang lebih menekankan pendidikan formal (sekolah) dari pada pendidikan... read more »

Akhlakul karimah Bengkel Rusaknya Idiologi Bangsa

Kebumen >> Kerusakan moral bangsa di jaman globalisasi perlu ada solusi, salah staunya akhalkul karimah dan pendidikan pengatahuan pada dunia pendidikan.  benteng  pendidikan... read more »

Tembang Macapat, Enerji dan Abstraksi Doa [2]

Tak bisa dipungkiri bagaimana luruh suasana dalam Roemah Boedaya itu, dimana tembang-tembang jawa mengaliri jiwa yang hadir di serambinya. Seolah ada spektrum tafakur yang melingkar, tak... read more »

Tembang Macapat, Enerji dan Abstraksi Doa [1]

Serangkaian pupuh tembang jawa dalam bunga rampai “Dras Sumunar” usai digelar di Roemah Budaya Martha Tilaar Gombong Kebumen (27/2/2016). Rangkaian yang lengkapnya terdiri dari 1.000 gatra... read more »