9:15 pm - Selasa Juli 17, 2018

Karst

Latest News on Karst
Perpag: “Janji Kemakmuran Industri...

Perpag: “Janji Kemakmuran Industri Semen itu Cuma Mitos

Setelah serangkaian aksi mendesak Pemkab dan DPRD Kebumen seputar tuntutan pengembalian KBAK (Kawasan Bentang Alam Karst) Gombong Selatan tak menghasilkan kejelasan, maka pada akhir 2017 lalu Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong (Perpag) mengusung tuntutan ini langsung ke Kemeterian ESDM di... read more »

Masyarakat Gombong Mengusulkan Data Kars...

Masyarakat Gombong Mengusulkan Data Karst Gombong Yang Sesungguhnya Kepada ...

Berawal dari keprihatinan masyarakat Gombong atas Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK) Gombong yang luasannya berkurang secara signifikan dari 48,94 kilometer persegi (Km2) menjadi 40,89 kilometer persegi (Km2) atas usulan dari Bupati Kebumen melalui Surat Bupati Kebumen Nomor 545/057 R Tanggal 10... read more »

Menata Karst Gombong; Fungsi Lindung Yan...

Menata Karst Gombong; Fungsi Lindung Yang Diusung

Latar Belakang Hal penting yang perlu dipedomani bagi daerah yang memiliki sumber daya alam berupa Kawasan Karst adalah kewajiban untuk melindungi Kawasan Karst tersebut berdasar pada kepentingan utama yaitu keberlanjutan (sustainability) lingkungan hidup dan Pengembangan ilmu pengetahuan... read more »

Kawasan Karst Terancam, Warga Minta Untu...

Kawasan Karst Terancam, Warga Minta Untuk Terlibat Penyusunan RTRW

Kebumennews (7/11/2017)>> Kekhawatiran masyarakat karst Gombong selatan yang tergabung dalam Perpag semakin besar. Hal tersebut terkait dengan berkurangnya luas kawasan karst Gombong yang memiliki fungsi sebagai kawasan lindung. Masyarakat meminta agar dilibatkan dalam pembahasan revisi Perda... read more »

Ketika Rakyat [berani] Hentikan Pidato P...

Ketika Rakyat [berani] Hentikan Pidato Pejabat

Ketika rakyat memperingati hari kemandiriannya dan di dalam peringatan itu aparat pemerintah yang diundang semata memanfaatkannya untuk kepentingan melakukan “sosialisasi” kegiatan pemerintahan. Maka ada sebuah simpul ironi yang menunjukkan bahwa rupanya selama ini masyarakat lah yang harus... read more »

Desakan Perpag Soal Pengembalian KBAK Ny...

Desakan Perpag Soal Pengembalian KBAK Nyaris Dilupakan

DPRD Lupa dan Pemkab Lepas Tanggungjawab Janji DPRD Kebumen melalui Komisi A yang akan membentuk Pansus KBAK (Kawasan Bentang Alam Karst) Gombong selatan, tak pernah ada wujud realisasinya. Penyampaian surat desakan DPRD Kebumen kepada Pemprov Jawa Tengah, sebagaimana hasil aksi terakhir aksi... read more »

More from Karst

Dugaan Rekayasa KBAK Gombong Selatan Dilaporkan ke KPK

 Ada kerugian negara dari “penyusutan” luasan Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK) Gombong Selatan dari 48.94 kilometer persegi, menjadi 40.89 kilometer persegi. Dan kerugian itu bisa... read more »

Delegasi Perpag Akan Temui Menteri ESDM

Lapiyo: Cabut PerMen No.17/2012 dan KepMen No.3043/2014 GOMBONG – Delegasi dari Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong (Perpag) bersama para Anggota DPRD Kebumen serta Pejabat... read more »

Perpag: Harga Mati Pengembalian KBAK Gombong Selatan [1]

GOMBONG – Sekitar seribuan massa dari Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong (Perpag) akhirnya kembali melancarkan aksi demonstrasi damai dengan  mendatangi DPRD dan Kantor Bupati... read more »

Penyelamatan Bumi, Pengembalian KBAK [2]

Gombong – Desakan Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong (Perpag) bagi target mengembalikan Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK) masih terus bergulir dan makin menguat. Sinyalemen bahwa... read more »

Peringatan Tragedi Urut Sewu” Menyajikan Berbagaimacam Ritu...

Kebumen News – Enam  tahun Tragedi Setrojenar, Urutsewu mengingatkan perjuangan para petani masyarakat urut sewu dalam merebut hak hak atas tanah. Mereka para petani urut sewu memiliki bukti-bukti... read more »