3:34 pm - Minggu Agustus 16, 2539

Palang Merah Internasional (ICRC) Gandeng IAINU dan LP. Maarif Gelar Pelatihan Akhlak Kemanusiaan

71 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News – Dalam rangka meningkatkan kualitas para tenaga pendidik/dosen di IAINU Kebumen dan guru sekolah dilingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif Kebumen serta mengembangkan kemitraan.

IAINU Kebumen menjalin kerjasama dengan International Committee of the Red Cross melalui kegiatan pelatihan Akhlak Kemanusiaan bagi Dosen dilingkungan IAINU Kebumen dan guru-guru SMK & MA Ma’arif se-Kebumen, pada tanggal 5-8 Juli 2018 bertempat di Mexolie Hotel.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 26 peserta yang terdiri dari dosen IAINU Kebumen, guru SMK & MA Ma’arif se-Kebumen, LP Ma’arif NU Kebumen, Persatuan Guru NU/PERGUNU, Lembaga Penanggulangan Bencana dan perubahan iklim/LPBI NU Kebumen.

Hadir sebagai narasumber Andrew Bartles-Smith (Delegasi Regional ICRC untuk Indonesia dan Timor Leste ), Freddy Nggadas/ICRC Jakarta, Novriantoni Kaharudin/ICRC jakarta, Nashrullah/ICRC Jakarta

Sebagai fasilitator dalam proses pelatihan hadir Slamet Purnama, M.Pd / dari Tangerang, Muhammad Makmuri, S.Pd.I./SMK Ma’arif 5 Gombong dan Triwanto, S.Pd.I./ SMK Ma’arif Ayah.

Selain para narasumber dan fasilitator hadir dalam acara pembukaan Drs. H. Siswanto, M.Pd.I (wakil ketua PCNU Kebumen), Wakil Rektor IAINU Kebumen dan kepala-kepala SMK & MA Ma’arif se-Kebumen.

Rektor IAINU Kebumen Dr. Imam Satibi, M.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa “akhlak kemanusiaan” ini penting untuk setiap orang, terlebih untuk dosen dan guru yang nantinya akan mentransformasikan keilmuan dan pengetahuannya kepada peserta didik serta menjadi contoh atau role model bagi peserta didik untuk mengetahui terlebih dahulu dan mempraktikannya . “Sebagai manusia kita harus toleran kepada sesama, saling menghormati satu sama lain. Itulah diantaranya nilai-nilai universal yang terkandung dalam ajaran Islam.” Tutur Imam Satibi.

Andrew menjelaskan bahwa dalam pelatihan ini peserta diajarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Hukum Humaniter Internasional dan hukum Islam, peserta dikenalkan tentang modul Akhlak Kemanusiaan  yang  terdiri dari 5 modul (sudut pandang kemanusiaan, aturan-aturan HHI, HHI di lapangan, Menangani pelanggaran, merespon konflik bersenjata ). Pelatihan menggunakan metode role playing, bermain perang sehingga sangat menarik peserta dan tidak membosankan.

Mukhsinun, M.E.I. Dekan FEBI IAINU Kebumen selaku ketua panitia menambahkan bahwa untuk pada hari terakhir Minggu 8 Juli 2018 para peserta diajak praktek secara langsung kepada siswa yang dalam pelatihan ini dihadirkan siswa-siswi dari MAN 2 Kebumen. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
prev-next.jpg

Mobil Pickup Serempet Satria FU di Argopeni

6 Film FFP 2018 digelar di Karangsambung

Related posts