6:51 pm - Kamis Juli 19, 2018

Kyai Zamzam Kyai Penulis Kebumen

192 Viewed bram 0 respond

Kebumen >> Ahmad Baso meminta kader muda NU Kebumen segera mengidentifikasi sejumlah kitab karya tulisan Kyai Zamzam. Hal itu terungkap dalam acara Ngobrol Bareng Lakpesdam NU, Puskas IAINU Kebumen, dan PAC Ansor Kebumen di Ketamanan Tamanwinangun Kebumen. Acara yang mengangkat tema ‘Islam Nusantara di Era Milenial’ ini dihadiri juga Salim Wazdy MPd dari PCNU Kebumen, Sulis Rakhmawanto Direktur Pusat Kajian Pendidikan dan Sosial (Puskas), Fikria Najitama Ketua Lakpesdam NU Kebumen, sejumlah dosen IAINU Kebumen, mahasiswa, Ansor, Banser, dan warga sekitar.

Menurut Gus Dian cucu Kyai Zamzam, Kyai Haji Mohammad Zamzam lahir tahun 1305H/1888M, dan wafat tahun 1396H/1976M. Beliau adalah putra dari Ki Secawijaya, atau cucu dari Ki Kramaleksana yang dikenal sebagai seorang mantri pemajegan di wilayah Panjer dulu. Kyai Zamzam pernah mondok di Pesantren Penajung Alian, Pesantren Pekeyongan Klirong dan menjadi lurah pondok pertama, di Pesantren Kaliwungu Kendal, dan pesantren lainnya selama sekitar 29 tahun. Kemudian beliau pulang dan mukim di tepian Sungai Lukulo wilayah Tamanwinangun. Di pinggiran Lukulo inilah beliau kemudian mengabdi dan mengajarkan kitab-kitab klasik khas pesantren. Selain itu beliau nampaknya juga rajin menulis sejumlah kitab. “Ada sejumlah kitab tulisan tangan koleksi Kyai Zamzam yang alhamdulillah masih terawat”, tutur Gus Dian.
Di hadapan sekitar seratusan peserta, Ahmad Baso mengatakan bahwa karya Kyai Zamzam harus dirawat sekaligus diteliti sebab karya beliau tentu memiliki gaya dan karakter yang berbeda dengan karya dari pesisir utara Jawa dan daerah Sumatra serta Bugis Makasar. Baso juga berharap kader muda NU dapat mengungkap peranan Kyai Siroj Gombong, Kyai Mahfud Somalangu, dan kyai lain dalam mengaktualisasikan model Islam Nusantara yang ‘angajawi’ (to be with Nusantara).
Acara yang dipandu oleh Agus Salim Chamidi berlangsung hangat, santai, dan hidup. Pada kesempatan itu juga dimeriahkan dengan bacaan puisi oleh Zen Muhammad dan Sohibul Adib Assamarani.(bam,has)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Lomba Lintas Wisata Wisata Alam Bukit Prabu Berlangsung Meriah

Capai Puncak Tercepat 7,51 Detik, Indonesia Juara Dunia Panjat Tebing

Related posts