3:37 pm - Jumat September 20, 4261

Yu Sar, Dalang Janeng Wadon Peniron

351 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News – Di Desa Peniron terdapat 16 grup kesenian janeng (jamjaneng), dan mayoritas merupakan grup janeng wadon (jamjaneng perempuan). Salah satu grup janeng wadon adalah Grup Janeng Suryandadari Dukuh Klapasawit Desa Peniron. Grup ini dipimpin Yu Sar alias Sartinem seorang dalang wadon dari Desa Peniron.

Menurut Yu Sar, dirinya bermain janeng sejak masih muda tahun 1980an, ikut Kyai Amir Yusuf Peniron. Sejak tamat SD, Yu Sar sudah aktif main janeng dan sudah ditanggap di berbagai kota seperti Jakarta, Semarang, dan Jogja.
Menurut Yu Sar, janeng wadon biasanya ditanggap siang dan malam hari. Kalau siang hari, tanggapan biasanya dimulai jam sembilan sampai sore. Tanggapan malam biasanya mulai jam sembilan sampai pagi subuh.

Tanggapan malam biasanya hampir semua lagu salawat dan lagu lainnya bisa ditampilkan. Salah satu lagu salawat khas adalah ‘kentrungan’. Kentrungan ini ditampilkan secara khusus sebab biasa menggunakan semacam sesaji (sajen) sebagai ‘srana’, yang terdiri dari beras segenggam, telur ayam kampung, benang, jarum, duit recehan logam, dan rokok dua macam (sintren dan kretek).

Ketika ditanyakan tentang banderol tanggapan janeng wadon, Yu Sar menjelaskan bahwa umumnya grup janeng diberi pesangon bersih 1-2 juta rupiah. (HAS).

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
prev-next.jpg

Wilders Garage, Tempat Nongkrong Komunitas Gaul Dengan Konsep Natural

Film “Melawan Arus” dari Kebumen Juara di Malang Film Festival 2018

Related posts