6:29 am - Senin Oktober 22, 2018

LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM BUTUH DISTINGTIF BERBASIS DEMAND

235 Viewed bram 0 respond

Kebumen >> Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (HMPS-MPI) IAINU Kebumen menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Mewujudkan Lembaga Pendidikan Jaman Now yang Unggul dan Kompetitif” (21/4/2018). Seminar menghadirkan dua pemerhati pendidikan, Dr.Bunyan Wahid Ph.D, M.Ag, MA dan Dr.Azam Syukur Rahmatullah, SHI, MSI,MA. Seminar bertempat di aula IAINU Kebumen, yang dihadiri Rektor IAINU Kebumen Dr. Imam Satibi, M.Ag dan sejumlah dosen Fakultas Tarbiyah. Dalam acara ini juga sekalian diselenggarakan pelantikan Pengurus HMPS-MPI IAINU Kebumen Periode Tahun 2018-2019.

Dalam kesempatan seminar ini Bunyan Wahid menyoroti fenomena pendidikan berbasis kids jaman now. Fenomena ini nampaknya memang perlu mendapatkan perhatian dari kalangan pendidik dan pemerhati pendidikan di Indonesia. Sejumlah strategi pembelajaran perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Bunyan Wahid menyebut bahwa lembaga pendidikan jaman now adalah lembaga pendidikan generasi millennial.
Sementara itu, Azam Syukur Rahmatullah dengan pengalamannya merintis lembaga pendidikan berbasis pesantren menyoroti eksistensi lembaga pendidikan Islam di era millennial. Azam mengkalisifikasi ada tiga tipe lembaga pendidikan Islam, yaitu,lembaga pendidikan yang subur berkembang, yang stagnan, dan yang cenderung berpotensi mati. Azam menekankan pentingnya jajaran manajemen di madrasah/sekolah untuk selalu update diri menegikuti perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi. Pimpinan sekolah/madrasah, baik kepala sekolah/madrasah maupun lembaga pengelolanya harus pula mengelola sekolah/madrasah berbasis demand. Yang tak kalah pentingnya adalah bahwa sekolah/madrasah perlu mempertajam distinction sekolah/madrasahnya.
Dalam seminar ini hadir juga HMPS-MPI dari berbagai perguruan tinggi di Jateng-DIY. Seusai seminat mereka melanjutkan rapat koordinasi HMPS-MPI Jateng-DIY. (AS)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

ISIF Cirebon Kunjungi Kebumen

Saat “Jago Tengsiang” SRMB dibawa ke Festival TBRS

Related posts