3:34 pm - Senin Agustus 16, 1571

PENGRAJIN WAYANG DARI SUROBAYAN

208 Viewed bram 0 respond

kebumennews >> Namanya Dodo (17tahun). Nama lengkapnya Wahyu Mugi Widodo. Remaja kalem kelahiran Kaibon Ambal yang besar di Surobayan Ambal Kebumen.

Dodo hari ini tampil dengan ketrampilan khasnya sebagai pengrajin wayang yang masih muda. Remaja tamatan MTsN Triwarno Kutowinangun ini menekuni kerajinan wayang sejak tahun 2015. Dodo belajar dari seniornya.

Wayang yang dibuat Dodo berbahankan kertas karton yang dibentuk dengan alat tatah. Setelah terbentuk, lalu Dodo mewarnainya dengan cat minyak. Hasil kreasi Dodo dibandrol antara limapuluh ribu sampai tigaratus ribu rupiah tergantung tingkat kerumitan ukirannya.

Hari ini Dodo tampil piawai di arena Ekspo KKN IAINU Kebumen yang digelar di alun-alun Kebumen bersamaan dengan festival rebana dan albarzanji. Ketika ditanya tentang cita-citanya, remaja yang beridolakan sosok Ontorejo ini ingin istiqamah sebagai pengrajin wayang sebagai warisan budaya luhur bangsa. Ketika apakah ingin mengembangkan hobinya, remaja berperawakan ceking ini ingin mengembangkan hobinya lebih produktif lagi.

Di antara hilir mudik pengunjung Ekspo dan alunan rebana, remaja kalem ini khusyu menyelesaikan wayang sosok Bawor. (Hasc)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
3/5 - 2
You need login to vote.

Perpag: “Janji Kemakmuran Industri Semen itu Cuma Mitos

KKN Expo IAINU Dimeriahkan Festival Rebana, Hadroh dan pelepas Merpati 250 Ekor

Related posts