6:38 am - Senin Oktober 22, 2018

Warga Krandegan Sulap Lidi Jadi Piring

450 Viewed Puji Sugianto 0 respond

Kebumennews(30/11/2017)>>Sedikitnya 70 warga desa Krandegan kecamatan Puring mendapatkan pelatihan usaha kreatif berbahan dasar lidi kelapa.
Pelatihan yang dipusatkan di komplek Balai Desa Krandegan diselenggarakan oleh BUMDes Karya Manunggal Sejahtera menggunakan bantuan keuangan (Bankeu) Desa Berdikari Kabupaten Kebumen.

Pelatihan kerajinan piring lidi yang berlangsung selama 12 hari terbagi dalam tiga tahap ; tahap pertama selama tiga hari peserta mendapat pelatihan dasar, tahap kedua selama lima hari peserta mendapat pelatihan tingkat lanjutan, tahap ketiga selama empat hari peserta mendapat pelatihan mahir. Sedangkan untuk pelatihan kreasi sapu lidi peserta mendapatkan pelatihan selama tiga hari.

Dalam pelatihan tersebut peserta juga mendapatkan pelatihan kewirausahaan dan pemasaran yang nantinya diharapkan warga Desa Krandegan mampu mandiri seperti penuturan Kasio selaku sekretaris BUMDes Karya Manunggal Sejahtera melalui surel.

“Hasil dari warga nantinya akan ditampung oleh BUMDes untuk kemudian dipasarkan,” imbuhnya.

Hal senada juga diutarakan oleh salah satu peserta pelatihan Juriyati yang merasa sangat senang sekali dengan adanya pelatihan yang diselenggarakan BUMDes Karya Manunggal Sejahtera. Selama ini lidi identik dengan hanya dimanfaatkan sebagai sapu pembersih halaman dan dengan harga jual sangat murah ternyata mampu disulap menjadi kreasi yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

“Dibutuhkan kesabaran, ketelatenen dan keuletan bagi peserta agar hasil pruduk menjadi sebuah kreasi lidi yang bagus,” tutur Juriyati.

Juriyati dan semua peserta lain berharap kedepan dengan adanya pelatihan, Desa Krandegan bisa menjadi sentra aneka kerajinan lidi dan bisa menambah penghasilan. (Kn.07)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Situasi Terkini Yogyakarta Dikepung Banjir dan Angin Kencang

Ancak, Tradisi Turun-temurun Desa Brunosari Purworejo

Related posts