4:08 pm - Kamis Desember 13, 2018

Entaskan Kemiskinan Warga, NU Ranting Jemur Luncurkan LENU

622 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News – (1/11) Kesadaran untuk menumbuhkan ekonomi kerakyatan mendorong warga NU deaa Jemur Kecamatan Kebumen mendirikan LENU. LENU merupakan akronim Lembaga Ekononi NU Ranting Jemur. Programnya adalah pengentasan kemiskinan warga desa Jemur. Unggulannya adalah Simpan pinjam lunak di mana anggota bisa meminjam sejumlah uang untuk permodalan dan diangsur dengan jangka waktu tertentu.

Lembaga Ekonomi Nahdlatul Ulama (LENU) adalah lembaga yang dibentuk oleh pengurus Nahdlatul Ulama ranting desa Jemur kecamatan Kebumen bergerak dalam bidang pemberdayaan ekonomi ultramikro dengan kegiatan menghimpun modal dan menyalurkanya berdasarkan prinsip-prinsip Syari’ah Islam.

Tujuan didirikan LENU adalah mengamalkan Syari’at Islam terutama dalam hal muamalah., membantu pemerintah dalam memberdayakan ekonomi ultramikro, memberikan solusi alternatif kepada anggota dan masyarakat terhadap permodalan, mewujudkan cita – cita bersama Jam’iyyah Nahdlatul Ulama ranting Jemur yang mandiri meningkatkan kesejahteraan anggota, pengurus dan masyrakat luas.

Program yang digagas oleh pengurus Ranting NU Jemur ini merupakan yang pertama di tingkatan ranting ae Kabupaten Kebumen. Jemur dapat dikategorikan daerah yang NU nya maju.

Pemodalan

“Kegiatan menggali, menggalang dan menghimpun dana adalah modal yang dimiliki oleh LENU, modal tersebut tercermin sebagai berikut modal penyertaan dari Jam’iyyah Nahdlatul Ulama ranting Jemur Kebuen nyempal dari simpanan anggota (simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan hari raya dan simpanan suka rela. MModal lain – lain (bantuan/hibah, infaq, zakat, wakaf, hutang dan investasi pihak ketiga).” Tutur Yuslim, Direktur utaa LENU.

“Banyak program yang kita laksanakan merupakan inisiatif dari kader sendiri,kita tinggal mrlaksanakan.” Tutur Sodikin pengurus ranting NU desa Jemur.

 

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab