5:44 am - Senin Oktober 22, 2018

Kawasan Karst Terancam, Warga Minta Untuk Terlibat Penyusunan RTRW

378 Viewed Puji Sugianto 0 respond

Kebumennews (7/11/2017)>> Kekhawatiran masyarakat karst Gombong selatan yang tergabung dalam Perpag semakin besar. Hal tersebut terkait dengan berkurangnya luas kawasan karst Gombong yang memiliki fungsi sebagai kawasan lindung. Masyarakat meminta agar dilibatkan dalam pembahasan revisi Perda Kabupaten Kebumen nomor 23 tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Hal tersebut diutarakan masyarakat Perpag saat beraudiensi di gedung DPRD bersama LBH Semarang serta LBH Yogyakarta. Rombongan diterima ketua DPRD Cipto Waluyo didampingi Wakil Ketua Miftakhul Ulum. Sedangkan dari eksekutif hadir Kepala BPPPD Djoenaedi Fatchurohman, Bagian Hukum Setda, Kabid Cipta Karya DPU PR, dan Satpol PP Kebumen.

Ivan Wagner dari Divisi Lingkungan Hidup LBH Semarang mengatakan, daerah yang memiliki kawasan karst berkewajiban untuk menjaganya berdasarkan lingkungan hidup dan ilmu pengetahuan. Berdasarkan catatannya, kehidupan 82.692 jiwa pada kawasan inti dan 1.142.000 jiwa pada kawasan perikarst di 33 kecamatan pada 4 kabupaten terpengaruh kawasan karst Gombong.

“Kawasan karst harus tetap dilindungi agar masyarakat sekitar kawasan tersebut tetap terlindungi,” Tutur Ivan. Sementara Cipto Waluyo mengaku sepakat akan adanya usulan masyarakat Perpag untuk mengembalikan fungsi kawasan karst Gombong. Pihaknya pun meminta kepada eksekutif dalam hal ini BPPPD untuk melibatkan masyarakat dalam revisi Perda RTRW. Sedangkan saat ini, Perda tersebut sedang dalam pengkajian peninjauan kembali untuk revisi.

“Nanti pasti pada masanya, masyarakat akan dilibatkan dalam pembahasan revisi Perda,” Ujr Cipto.

Untuk diketahui, luas kawasan Karst berkurang 8,05 km2 yaitu dari 48.94 km 2 menjadi saat ini hanya 40.89 KM2. Pengurangan itu tertuang dalam Perda RT RW Kabupaten Kebumen No 23 Tahun 2012 pada pasal 26. Perubahan tersebut berdasarkan keputusan Bupati nomor 660.1/038/KEP/2016 yang melahirkan Permen Nomor 17 tahun 2012. (LH/Kn07)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Perubahan RTRW Kebumen Dituntut Partisipatif, Terbuka dan Mengutamakan Keselamatan Lingkungan

Menata Karst Gombong; Fungsi Lindung Yang Diusung

Related posts