12:42 pm - Sabtu Mei 26, 2018

Hujan Deras Kembali Guyur, Beberapa Titik Kebumen Kembali Longsor dan Banjir

600 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News (28/10) >> Hujan deras yang beberapa waktu lalu membuat Kebumen banjir dan longsor di mana-mana kini kembali mengguyur. Masyarakat diminta waspada terhadap ancaman longsor dan banjir yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Seperti peristiwa longsor di Dusun Cinde Desa peniron RT 2 RW 12 pukul 03.00 Wib tadi malam pada saat warga tengah lelap tertidur. Tanah sepanjang  100 meter dengan ketebalan ketebalan 8 meter longsor menimpa rumah  milik Badrudin dengan kerusakan 100% rumah rusak akibat tanah longsor. Rumah dengan ukuran panjang lebar rumah 8×12 m itu rusak total, untunglah tidak ada korban jiwa karena pemilik terbangun dan mengungsikan keluarganya sebelum longsor terjadi. Akibat peristiwa ini namun korban material diperkiraan 70 juta.

“Firasat saya sudah tidak enak sejak sore, pas waktu hujan deras sekitar pukul 11.00 malam saya berusaha membuat aliran air namun tidak mampu karena air dari atas mengalir cukup deras. Tanpa pikir panjang saya langsung membangunkan keluarga dan keluarga Samukti untuk mengungsi,” tutur Badrudin.

Tanah longsor juga menimpa rumah milik Samukti RT 2 RW 12 dusun Cinde desa Peniron dengan kerusakan rumah 100% , panjang lebar rumah : 8×14 m, Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa , tetapi kerugian materiil diperkirakan mencapai 80 juta.

“Tindakan yang diambil masyarakat dan Pemerintah Desa melakukan gotong-royong memindahkan material longsor secara manual lantaran tidak ada alat berat.”  Tutur Mustakim Kepala Desa Peniron.

“Selain kerusakan rumah hunian, longsor juga mengakibatkan akses jalan rusak dan beberapa kebun milik warga sudah terlihat retakan tanah. hal tersebut menjadikan waspada dan tanggap bencana,” Imbuhnya

Selain di Peniron di wilayah langganana banjir juga terjadi banjir akibat beberapa titik tanggul bedah yang belum diperbaiki. Di Krakal, Karangkembang, Desa Meles Karanganyar jalur sebelah barat hotel Aman tergenang air cukup tinggi. (Kn.04)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Perkuat Wawasan Kebangsaan, Kesbangpol Kebumen Gelar Seminar

11 Titik Rawan Longsor Desa Peniron, Warga Dihimbau Untuk Lebih Waspada

Related posts