3:18 pm - Kamis Desember 13, 2018

Peniron Menuju Desa Wisata

757 Viewed Puji Sugianto 0 respond

Pejagoan (12/9)– Berbicara mengenai wisata di kota Kebumen tidak akan ada habisnya, mulai dari selatan hingga utara memiliki potensi yang sangat luar biasa. Seperti wisata alam Brujul Adventure Park yang baru baru ini dibuka oleh masyarakat Desa Peniron Kecamatan Pejagoan.

Wisata yang diresmikan oleh Bupati Kebumen Yahya Fuad, telah sukses menyedot banyak wisatawan dari berbagai daerah. Salah satu wahana yang menarik perhatian yaitu zipe bike atau bersepeda di atas tali. Namun, pengelola wisata tersebut berencana akan membangun BAP menjadi desa wisata berbasis kesejarahan.

Pengelola wisata, Taufiq Hidayat mengatakan, rencana tersebut dilakukan mengingat Desa Peniron memiliki tempat bersejarah yang hingga saat ini masih lestari. Selain kesenian Jamjaneng, Peniron juga memiliki wisata unik yaitu Situs Watu Pecah, Gua Jlarang, Rumah Dangsak, Situs Kalipancur dan Istana Gede.

“Dengan wisata ini (wisata kesejarahan), wisatawan dapat mendapatkan manfaat dua hal yaitu hiburan dan ilmu pengetahuan. Namun Brujul tetap menjadi wisata utama,” ungkapnya, Selasa (12/9/2017).

Sistem pengelolaan wisata nantinya, dijelaskan Mustakim selaku Kepala Desa, akan memanfaatkan sumber daya masyarakat yang ada. Dimana, masing-masing padukuhan (setingkat RW) akan mengelola wisata yang berada di daerahnya sendiri. Harapannya, masyarakat desa dapat merasa memiliki dan tentunya akan menjaga kelestarian yang ada di daerah tersebut.

“Gua Jlarang yang berada di Dukuh Perkutukan pada Selasa (12/9/2017) mulai dibersihkan dan dirapikan oleh warga’, jelas Mustakim.

“Kami juga melengkapi dengan kebun buah kelengkeng, wisata air pakai getek sekaligus kuliner tepi sungai Lukulo,” Imbuhnya. (Kn07)

 

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Tiada Hari Tanpa Berkarya Bagi Komunitas Diva Kembaran

Jaga Indonesia Tegaskan Konsensus Berbangsa

Related posts