11:44 pm - Senin Juli 16, 2018

Rusak Kain Jarit Penutup Makam Mbah Lancing, Peziarah Nyaris Dimassa

599 Viewed kebumenn 0 respond
Makam Mbah Lancing, pendakwah Islam yang berani dan ditakuti

Kebumen >> Sekelompok warga yang datang untuk  ziarah/resik di makam Mbah Lancing (pepunden) di Desa/Kecamatan Mirit  dinilai warga merusak makam dengan menggeser kain-kain yang sudah berumur puluhan tahun lalu sehingga robek. Kejadian pada hari Ahad (29/1) tengah hari pukul 12.00 Wib di makam pepunden Mbah Lancing (Wongsojoyo Lancing) Desa Mirit Rt 02 Rw 01 Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen ternyata salah paham.

Achmad Ghansafar Husein salah seorang ‘perusak’ ini rupanya mengaku mendapat wangsit lewat mimpi untuk membersihkan makam Mbah Lancing. warga Jakarta (25) ia adalah seorang karyawan swasta yang tinggal di Jl Rawa Bebek RT 5 RW 1 Kelurahan Pulau Gebang Kecamatan Cakung Jakarta Timur ( pokok). Ia dibantu oleh Ahmad Mirza Mustakim (23) dan Marlan Safingi (59) dan Muchayan Nur Iksan (31) dan Hangudi Wibowo (36) beralamat di Bulak Perwira Rt 2 Rw 7 Desa Perwira Kecamatan Bekasi Utara Jawa Barat (sopir rental).

Kronologi kejadian diawali dari Achmad Ghansafar Husein yang mengaku mendapat wangsit untuk membersihkan makam Mbah Lancing , kemudian ia berangkat dari Jakarta dan sampai Kebumen hari Sabtu tgl 28 Januari 2017 PKL 19.00 wib lalu menginap di Bonorowo di rumah Marlan, Kemudian PKL 09.00 rombongan berangkat dari bonorowo menuju makam Mbah kancing . Bertemu rombongan dari juru kunci makam bp khamdi alamat RT 2 RW 2 DS Mirit kec Mirit untuk ijin ziarah dan membersihkan makam, lalu peziarah dkk membersihkan dengan cara memindahkan / menggeser kain yang berada diatas makam yang jumlahnya cukup banyak dan umurnya ada yang sudah puluhan tahun sehingga saat dipindahkan banyak yg sudah robek, lalu diingatkan oleh juru dan warga kalau mau membersihkan tidak seperti itu lalu peziarah menjawab dengan nada marah dan menantang, Sehingga warga marah dan bergerak mengamankan peziarah hingga terjadi saling Tantang dan warga melaporkan kejadian tersebut ke Polsek dan menuju makam langsung mengamankan warga peziarah untuk menghindari amukan warga.

Saksi mendatangi lokasi dan segera koordinasi dengan paguyuban Wonoyudo, Jatmiko Aji , lelaki mantan kades Tlogodepok  dan pengurus makam / juru kunci Khamdi dan Khamid agar dapat menetralisir warga karena salah paham, bahwa peziarah tidak bermaksud merusak tetapi membersihkan makam, agar warga tidak main hakim sendiri dan percayakan proses penyelesaian kepada aparat, paguyuban dan pihak peziarah dengan mediasi kepolisian.

Kedatangan peziarah dalam rangka ziarah dan membersihkan makam . Sayangnya cara membersihkan yang dianggap kurang tepat, karena memindahkan kain yg diatas makam hingga kain2 rusak dianggap merusak ( salah paham). Kain-kain yang tertata di atas makam adalah lembaran kain bernilai religi karena merupakan persembahan peziarah yg merasa berhasil cita -citanya setelah ziarah di makam Mbah Lancing. Sayangnya peziarah ketika ditegur juru makam tidak mengindahkan bahkan terkesan menantang sehingga memicu reaksi warga.

Kecepatan laporan sehingga pelaku bisa diamankan oleh kepolisian dari amukan warga. Segera para pihak melakukan sosialisasi kepada tokoh masyarakat, juru kunci dan paguyuban agar dapat menetralisir warga dari bahasa perusakan dan yang sebenarnya tidak tujuan merusak. Meskipun tidak ditahan tetapi tetap dilakukan pemeriksaan terhadap para peziarah. Upaya problem solfing antara pihak peziarah dengan pihak juru makam dan warga dengan melibatkan Muspika, tomas, juru kunci, paguyuban.

“Demikian sebagai laporan, dan situasi terkendali. Ini ada miskomunikasi saja dan sudah kami selesaikan di Polsek mirit dengan muspika dan paguyuban makam dan dihadiri juga dari polres kasat Intel. Laporan tertulis menyusul.”  Tutur Jatmiko. (Kn.01 diolah dari berbagasi sumber)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Masyarakat Banyumudal Dikenalkan Tertib Berlalu Lintas

Pekerjaan Doubel Track Makan Korban

Related posts