7:13 pm - Jumat Oktober 19, 2018

Latih Wirausaha Siswa, SMK Ma’arif 1 Kebumen Luncurkan ‘Angkel Car’

589 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen Nes >> Sebagai bentuk  peningkatan kompetensi siswa dan pembentukan karakter wirausahawan, Pelajaran Kewirausahaan di SMK Ma’arif 1 Kebumen  merupakan bagian dari Kurikulum 2013 yang dianggap sangat penting. Maka wajib diimplementasikan  secara langsung di lingkungan  nyata. Dalam hal ini siswa diberikan pengalaman nyata dalam bentuk praktik di luar kelas dengan mencari konsumen nyata sebagai  alat mencari keuntungan.

“Pembelajaran Kewirausahaan tidak  mutlak diterapkan di dalam kelas dalam bentuk pemberian teori tanpa praktik. Tujuan dari  Ilmu Kewirusahaan adalah  pembentukan karakter atau jiwa wirausaha dalam diri siswa. Tantangan bagaimana bisa berpikir kreatif, penuh dengan ide, senang dengan sebuah tantangan ataupun hal-hal yang baru merupakan implementasi dari Ilmu Kewirausahaan di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Siswa praktikan menjajakan jajanan atau makanan pada saat jam istirahat di lingkungan sekolah sendiri  dengan cara berkeliling ke ruang-ruang.” Tutur Khomsin, Kepala SMK Maarif 1 Kebumen.

Tetapi hal ini teryata terasa belum cukup untuk membekali siswa menjadi wirausahawan. Menyikapi hal ini Khomsin, Kepala SMK Ma’arif 1 Kebumen  membuat terobosan Program agar Pelajaran Kewirausahaan bisa diimplementasikan atau diadopsi di lingkungan luar sekolah sendiri, salah satunya dipraktikan di lingkungan tingkat SMP atau MTs se -Kabupaten Kebumen dengan pendampingan dari guru kewirausahaan. Siswa menyajikan menu berupa makanan atau cemilan sehat khas kota Kebumen sendiri.

Dalam pelaksanaannya, siswa difasilitasi dengan menggunakan Sarana “Angkel Car/Mobill Angkringan Keliling” yang sudah didesain menjadi kafe berjalan, sehingga bisa menarik perhatian umum. Dari  kegiatan  ini, siswa SMK Ma’arif 1 Kebumen ternyata lebih termotivasi dan lebih banyak mendapatkan pengalaman baru, sedangkan sambutan  dari  masyarakat SMP/MTs dari kegiatan ini, memberikan  apresiasi dan perhatian yang cukup baik dan sebagian besar menganggap kegiatan ini membawa dampak posistif kepada siswa SMP/MTS karena mendapatkan sesuatu yang baru dari kakak kelasnya dan memotivasi dalam pembentukan karakter/jiwa wirausaha siswa sejak dini.

Selain hal-itu menurut Subkhan, wakil Kepala bidang Kesiswaan di SMK Maarif 1 Kebumen , sekolah tengah menyiapkan siswa menjadi lulusan yang berkualitas, dengan memfasilitasi  keinginan siswa  siswa kelas XII dalam pemilihan karir. Dalam hal ini, dari pihak SMK Ma’arif 1 Kebumen  melibatkan  dunia industri untuk bekerja sama. Bertujuan untuk ikut membantu mengarahkan atau menjembatani keinginanan siswa .

Terkait pemilihan karir, ada istilah BMW yang lebih di kenal dengan Bekerja, Melanjutkan atau Wirausaha yang hal itu harus dipilih oleh siswa secara jelas sesuai dengan kompetensi atau keinginannya. Untuk pilihan Wirausaha tentunya pilihan yang cukup banyak oleh siswa SMK Ma’arif 1 Kebumen, mudah-mudahan dengan adanya Kegiatan Praktik Kewirausahaan yang dilaksanakan di luar lingkungan sekolah sendiri khususnya di lingkungan SMP/MTS se –Kabupaten Kebumen ataupun tempat lainnya merupakan sebagai salah satu sarana atau media pembelajaran yang cukup baik dalam pengembangan skill siswa atau pendukung kopetensi, khususnya di Pelajaran Kewirausahaan. (Kn.01)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Selamat, Kebumen Juara Umum MAPSI Jawa Tengah

Hari Pohon Sedunia 21 November 2016* Belajar Cinta Dari Pohon

Related posts