7:28 pm - Sabtu Agustus 18, 2018

Mungkinkah Kebumen Membuat Satu Rute Untuk Semua Lokasi Wisata

1190 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen News – Kawasan karst di kecamatan Ayah dan Buayan meupakan karst kelas 1 yang tidak boleh ditambang. Masyarakat di wilayah tersebut patut bersyukur pasalnya kajian AMDAL untuk penambangan PT Semen Gombong di lokasi itu menyatakan tidak layak tambang. 

Hal ini menginspirasi masyarakat menjadikan lokasi di wilayah karst itu menjadi lokasi wisata. Bahkan mengusulkan kepada pemerintah Kebumen untuk menjadikan satu rute untuk seluruh lokasi wisata di Kebumen.

Rute bisa dimulai dari arah barat misalnya dari lalu ke benteng Van Der Vijk Gombong, lalu ke stasiun Ngijo dengan terowongan uniknya, kemudian goa Jatijajar, lalu Goa Petruk, Goa Barat, lalu ke pantai Logending, lalu ke pantai Sawangan, pasir putih Argopeni, Menganti, Goa dan pantai Karangbolong di Buayan, pantai Suwuk Puring, pantai Bopong, pantai Petanahan, wisata religi Makam Syekh Anom Sedakarso, pantai kawasan tambak Tanggulangin, pantai Bocor, pantai Ambal, pantai Rowo Mirit, laguna Lembupurwo, wisata religi Makam Mbah Lancing.

Dari Mirit rute ke arah utara pasar Bengkoang di Prembun, terus ke utara lokasi wisata Bendung Pejengkolan, terus ke lokasi wisata Jembangan. Dari Poncowarno rute ke Alian tepatnya Desa Krakal, di sana terdapat pemandian air panas Krakal dan taman kupu-kupu.

Dari Alian melintasi jalur Krakal-Kaligending wisatawan diajak ke museum geologi di Karangsambung, terus menuju lokasi batu tertua yang berasal dari dasar laut di dunia di desa Seboro Sadang. Di Seboro terdapat goa tujuh warna dan lokasi wisata budaya Selo Asri. Dari Seboro geser sedikit ke desa Totogan terdapat goa yang luar biasa dengan Goa Deot yang berlukis. Di wilayah kecamatan Karagsambung dan Sadang wisatawan akan menemukan bayak lokasi wisata sepanjang jalan seperti air terjun dan panorama yang indah untuk selfi.

Dari Sadang, pengunjung bisa langsung menuju Karanggayam melalui Giritirto di mana terdapat kawasan hutan pinus Bandingan tepatnya pada pertigaan pertemuan tiga desa. Dari situ pengunjung dapat menemukan panorama yang sangat indah dari ketinggian.

Setelah puas selfi dan minum dari mata air abadi di lokasi situ pengunjung bisa meneruskan rute ke arah barat, melalui desa Selogiri, naiklah ke gunung Si Kebo dan lihatlah pamandangan di dua kabupaten Banjarnegara dengan bukit-bukit yang menyembul seperti caping petani yang tengah bekerja di sawah, dan wilayah Kebumen yang terpampang dengan latar kota Gombong di kejauhan yang indah.

Dari Karanggayam wisatawan melanjutkan rute ke Sempor, tepatnya desa Donorojo yang terkenal dengan curug setinggi 30 meter yang indah. Curug Donorojo. Dari Donorojo turun mampir ke waduk Sempor, naik perahu dan terakhir kembali ke kota Gombong Kebumen.

Jika terlalu panjang rute bisa disederhanakan, dengan masuk ke jalur wisata tengah, seperti di Kutowinangun dengan Beji dan makam Aroengbinang 1 alias Joko Sangkrib bupati pertama Kebumen, dan pesanggarahan Bulupitu dengan pohon aneh yang berdaun tujuh. (Kn.01)

 

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Untuk Siapa Senja Itu?

Dua Orang Tertangkap Tangan KPK di Kebumen

Related posts