6:16 pm - Rabu November 14, 2018

Ditolak Wiranto, Konsolidasi Korban 65 Jalan Terus

977 Viewed Masyarakat Karst 0 respond
YPKP'65 KUNINGAN: Korban Tragedi 1965 wilayah Kuningan, Jabar; dan sekitarnya menggelar pertemuan dan akan berlanjut terus [Foto: Humas YPKP'65]
  • Menyusul YPKP 65 Kuningan Gelar Pertemuan

Ketidakjelasan tindak lanjut penuntasan kasus Tragedi 1965 mengundang keprihatinan terutama kalangan korban kejahatan HAM di banyak daerah, termasuk di Kabupaten Kuningan. Menyikapi situasi keprihatinan ini, YPKP 65 cabang Kuningan menggelar pertemuan bersama para korban tragedi yang menurut putusan IPT 65 Den Haag dikategorikan sebagai kejahatan genosida di Indonesia yang terjadi pada rentang tahun 1965-66.

Hadir pada pertemuan (18/9) ini Ketua YPKP 65 Pusat Bedjo Untung dan Sekretaris Eddy Sugianto beserta Divisi Humasnya. Sedangkan dari YPKP 65 cabang Kuningan hampir segenap pengurusnya hadir di sekretariat yang berada di Desa Bojong. Pertemuan yang berlangsung selama tiga jam ini juga dimaksudkan sebagai konsolidasi di kalangan korban yang tersebar di berbagai daerah.

Diakui oleh Bedjo Untung bahwa perjuangan menuntut rehabilitasi bagi para korban kejahatan HAM ini bakal makin berat dan panjang. Hal itu karena upaya terus menerus untuk mendesak negara agar berkomitmen melaksanakan butir amanat Nawacita yang secara resmi menjadi RPJMN pemerintahan Jokowi-JK; juga selalu mendapat tentangan dari golongan reaksioner yang dimotori para mantan jenderal Orba pengikut Soeharto.

“Proses rekonsiliasi non-yudisial juga terganggu oleh manuver mereka”, tegas Bedjo Untung.

Bagi YPKP 65 justru ini menjadi tantangan tersendiri untuk secara terus menerus melakukan berbagai langkah, termasuk penelitian bagi upaya pengungkapan kebenaran yang selama ini telah dimanipulasi para pelaku kejahatan HAM itu sendiri.

Bedjo Untung mengingatkan pentingnya membangun optimisme para korban, terlebih karena makin banyak pihak mendukung pengungkapan kebenaran ini. Pada akhirnya semua harus yakin bahwa perjuangan atas kebenaran sejarah memang mesti mencapai kemenangan. [Kn.04]

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Fatayat NU Ranting Tanuraksan Gelar Ajang Kreasi Malam Idul Adha.

Bupati “Cari Aman”, Perpag Kecewa

Related posts