6:39 am - Senin Oktober 22, 2018

Ibu Hamil, Kini Memiliki Rumah Tunggu Kehamilan di Puskesmas Pejagoan

1505 Viewed bram 0 respond

Kebumen News >> Menuju pelayanan kesehatan kepada masyarakat khusunya ibu-ibu hamil yang segera menuju persalinan Puskesmas Pejagoan meresmikan RTK (Rumah Tunggu Kehamilan) untuk pasien pelayanan kesehatan masyarakat (4/8/2016). Sebelumnya juga terdapat pelayanan ibu hamil dengan tiga tempat tidur (bed) di ruang PMP (Puskesmas Mampu Persalinan) kemarin 2 Agustus di komplek puskesmas Pejagoan.

Menurut Agus Sabaryanto kepala puskesmas kecamatan Pejagoan, diresmikan RTK harapannya agar pelayanan kesehatan terutama ibu-ibu yang akan melahirkan dapat dilayani dan ditangani dengan baik sebelum melahirkan.

“Angka kematian ibu melahirkan berjumlah 1 di tingkat 13 desa. Di wilayah kecamatan Pejagoan terdapat 18 bidan, isi kamar RTK (Rumah Tunggu Kelahiran) untuk ibu hamil dengan fasilitas 2 kamar dengan bed dan alat emergency kids untuk kebidanan.” Lanjut Agus.

Keberadaan RTK yang baru diresmikan ini diharapkan  agar tidak terjadi kebrojolan pendarahan di saat ibu hamil akan melahirkan. Semua puskesmas di kecamatan Kebumen juga terdapat RTK. “Di ruang RTK kami sediakan tanda kepada pasien di ruang RTK ada gelang berwarna kuning yang berarti bertanda resiko, gelang hijau bertanda normal, dan gelang merah bertanda darurat atau bahaya.” Tutur  Agus.

Hadir pada peresmian itu Kepala Puskesmas, camat Pejagoan Wahib Tamam serta lintas sektoral Muspika, Koramil, Polsek Kecamatan Pejagoan serta jajaran SKPD, selain itu juga akan disosialisasikan keberadaan RTK dan PMP kepada masyarakat luas, selain itu juga kepada tim penggerak PKK se-kecamatan Pejagoan. Selain RTK dan PMP di kompleks puskesmas Pejagoan terdapat pelayanan Shelter dan rehabilitasi kesehatan jiwa UPT unit puskesmas Pejagoan. (Kn.16)

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Pluralisme di Pinggir Negara ” Desa Wonodadi Ayah Kebumen”

PMII & Ansor Kebumen Tuntut Bupati Usir Tambak Udang di Pesisir

Related posts