6:32 am - Rabu Oktober 17, 2018

Alkisah: Bentuk Kepedulihan Rio Motret terhadap Cerita Indonesia

602 Viewed bram 0 respond

Yogyakarta >> Rio Wibowo atau yang lebih dikenal dengan Rio Motret mengadakan sebuah pameran foto yang bertema Alkisah pada 16-21 Agustus 2016 di Hartono Mall Yogyakarta., yang merupakan kerjasama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation. Sebelumnya, Rio Motret telah sukses menyelenggarakan event ini di beberapa kota besar, yaitu Grand Indonesia Jakarta, Ciputra World Surabaya, Trans Studio Mall Bandung, dan Trans Studio Mall Makassar.

Dalam Alkisah, Rio Motret melibatkan 100 pekerja seni dengan 60 selebritis, 15 desainer Indonesia, stylist, dan sebagainya. Alkisah sendiri merupakan sebuah pameran foto yang mengangkat tema yang sarat akan unsur Indonesia, seperti cerita rakyat, legenda, ataupun mitos, yang dalam pemikirannya sudah ada sejak 3 tahun yang lalu untuk membuat fotografi tersebut.

Melalui pameran Alkisah, ia ingin mengembalikan ingatan dan mengenalkan kembali masyarakat Indonesia terhadap kekayaan budaya Indonesia, salah satunya adalah cerita rakyat dan legenda. Alkisah merupakan pameran tunggal pertama yang ia buat dan didedikasikan untuk budaya bangsa Indonesia, dan diharapkan melalui pendekatan yang modern ini, masyarakat kembali mengenal kisah lokal bangsanya.

Cerita yang Rio Motret angkat dalam Alkisah ada 19 cerita, yaitu Ande-Ande Lumut, Asal Mula Danau Toba, Asal Mula Kota Banyuwangi, Bawang Merah Bawang Putih, Calon Arang, Cindelaras, Drupadi, Jaka Tarub dan 7 Bidadari, Keong Mas, Lutung Kasarung, Malin Kundang, Nyai Loro Kidul, Rama dan Shinta, Rara Mendut, Roro Jonggrang, Sabai Nan Aluih, Sangkuriang, Si Pitung, dan Timun Emas.

Dalam pembukaan di Hartono Mall, Billy Gamaliel, Program Associate Bakti Budaya Djarum Foundation, mengatakan bahwa ia akan mengenalkan, memajukan, dan mendekatkan diri budaya Indonesia di masyarakat urban. Dan adanya Alkisah ini diharapkan nantinya masyarakat Indonesia lebih berbudaya dengan mengenal cerita rakyat Indonesia. Pembukaan Alkisah turut dimeriahkan oleh penampilan Titi DJ, Ivanova Regina, Dave Hendrik, Mila Art Dance, fashion show dari Deden Siswanto, dan Ivan Gunawan.

Laporan Wartawan #Rezafa kebumennews.com

Editor : Redaksi #Kn.02

 

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Caping/tudung Merupakan Pelengkap Usaha Tani Kebumen

Jogja Fashion Week 2016: The Heritage

Related posts