7:06 pm - Kamis Juli 19, 2018

Pagelaran Budaya Jogja 2016″ Pelestarian Nilai-nilai Budaya”

1075 Viewed bram 0 respond

#Jogja >> Pagelaran Budaya Jogja 2016 adalah pagelaran yang sudah terlaksana secara rutin tiap tahunnya, terhitung pagelaran ini sudah dipentaskan sebanyak enam kali. Pagelaran ini dibuka oleh Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan disambut oleh kemeriahan penonton yang memadati acara.  Pagelaran ini merupakan pagelaran yang dibentuk dalam rangka upaya pelestarian, pengembangan, dan aplikasi nilai-nilai budaya luhur di masyarakat, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui Dinas Kebudayaan melaksanakan kegiatan Gelar Budaya Jogja 2016 yang bertempat di pagelaran kraton Yogyakarta pada 26-27 Juli 2016.

Acara Pagelaran Budaya Jogja dimeriahkan oleh penampilan Begawan Ciptoning Mintorogo (Kraton Kasultanan Yogyakarta) dan Tari Kilapawarna (Kraton Kasunanan Surakarta) pada hari Selasa (26/7), sedangkan untuk hari Rabu (27/7) menampilkan Tari Langendriyan (Pura Mangkunegaran Surakarta) dan Lelangen Beksan Rama Narpati. Tema dalam acara ini adalah semangat pelestarian ‘Catur Sagatra’ atas puncak kejayaan kerajaan Mataram yang diupayakan terus digali dan dilestarikan.

Yogyakarta adalah kota budaya, adanya kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk pengembangan nilai-nilai luhur guna membentuk jatidiri bangsa. Melalui kegiatan Pagelaran Budaya Jogja ini, diharapkan masyarakat akan mendapatkan pencerahan tentang pentingnya harkat, martabat dan eksistensi manusia didalam khasanah kebudayaan. Pentas ini menjadi semacam oase di tengah serbuan tontonan-tontonan sinetron dan televisi yang kurang memiliki kedalaman dalam edukasi budaya.

Pagelaran Budaya Jogja menampilkan potensi kesenian  rakyat yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta. Para pelaku seni tradisi kerakyatan merasa perlu diberi tempat untuk berekspresi, pameran kerajinan, serta kegiatan ditutup oleh pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Suharno yang mengambil cerita ‘Tri Pama Kawedhar’.

Laporan Wartawan #Rezafa kebumennews.com

Editor : Redaksi #Kn.02

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
5/5 - 1
You need login to vote.

Ritual Prosesi Nikahan di Desa Jogopaten

PCNU Hadiri Acara ‘Matangpuluh’ Korban Longsor Sampang

Related posts