5:35 am - Rabu Oktober 17, 2018

Situs Ki Singapatra Kebumen

1239 Viewed kebumenn 0 respond

Kebumen >> Penulis bertujuan untuk memberitahu sejarah tentang Kebumen. Khususnya warga Kebumen dan umumnya sekitarnya agar menghargai para pendiri atau pejuang dan melanjutkan cita-citanya.

          Isi dari buku ini menjelaskan tentang situs Ki Singapatra Kebumen. Ki Singapatra adalah tokoh pendiri Trukahan yang kini bernama Kebumen. Tokoh berdarah Majapahit ini hidup dalam kurun 1500-1700an. Ia adalah mertua dari Badranala, pemimpin Kadipaten Panjer pada masa Sultan Agung Hanyakrakusuma. Ki Singapatra yang dianugrahi usia lanjut bersahabat erat dengan Ki Ageng (Sunan) Geseng. Mereka mendirikan sebuah padepokan ilmu kanuragan dan spiritual di tepi sungai Luk Ula. Pada tahun 1643 bersama Badranala dan Ki Ageng (Sunan) Geseng berhasil menghalau Belanda. Sejak keberhasilannya mengusir VOC dari pesisir pantai Petanahan, Ki Singapatra diangkat menjadi gubernur di Pati.

          Perjuangan di Kebumen dilanjutkan putra menantu yaitu Ki Bagus Badranala yang diangkat menjadi bupati Panjer. Setelah Ki Singapatra lanjut usia, beliau pulang ke Kebumen atau Trukahan ( sekarang di Jalan Garuda) dan meninggal. Jasadnya dimakamkan di pemakaman Kelurahan Kebumen, berada di Jalan Telasih (timur kantor Kecamatan Kebumen ke selatan kurang lebih 700 meter atau gang terate ke barat kurang lebih 300 meter, ada pertigaan kedua belok kiri). Makam Ki Singapatra telah di pugar oleh masyarakat sekitar dan diresmikan oleh Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Invantri.

Penyusunan kata yang digunakan mudah dipahami, alur cerita jelas, padat dan singkat sehingga tidak ada kata yang sia-sia. Dengan adanya buku ini diharapkan dapat mengetahui babad pahlawan yang ada di Kebumen.

Buku ini hanya menjelaskan perjuangan Ki Singapatra sebagai utusan Mataram di Kebumen yang sangat ringkat dan detail meskipun buku referensi yang dipakai cukup banyak.

Untuk mengatasi kelemahan yang ada, bacalah buku pedoman di pustaka agar cerita kisah lebih rinci tentang tugas Ki Singapatra di sebelah timur Sungai Lukulo, oleh Ki Badranala dijadikan sebagai lumbung pangan dan benteng pertahanan logistik di Kebumen.

Buku terbitan pertama bulan Agustus 2012 tentang situs Ki Singapatra sangat membantu kita di masa yang modern ini untuk mengetahui sejarah pahlawan terdahulu. Bahasa yang digunakan jelas, padat dan singkat sehingga mudah di pahami oleh pembaca. Sebagai pewaris dari bangsa yang sudah besar seharusnya kita menjaga dan melestarikan sejarah sebagai wujud syukur dan cinta terhadap Tanah Air Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ravie Ananda sebagai warga Kebumen yang telah menulis buku tentang Ki Singapatra merupakan seseorang yang menghargai sejarah dan dia masih dalam keturunan Ki Singapatra. RESENSI BUKU Ki Singapatra-Kebumen (1500-1700)” Oleh MIFTAKHU ROKHMAN N.A. ( Kn.11).

Gunakan Bahasa Yang baku, Sopan dan Bertanggung Jawab
Don't miss the stories followKebumen News and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Lomba MAPSI Pertahankan Nilai dan Tradisikan Budaya Islam di Sekolah

SMA N 1 Kebumen Pelopor Eduwisata

Related posts