3:37 pm - Rabu September 20, 3409

Gubernur Pimpin Rapat di Kantornya, Perpag Gelar Mimbar di Desanya

753 Viewed Masyarakat Karst 0 respond
KALISIRAH: Perempuan Desa Sikayu tengah berorasi pada aksi mimbar rakyat yang digelar di depan sumber air Kalisirah, Dukuh Karangkamal, Desa Sikayu, Buayan. Orasi disampaikan Sarmiyah di tengah massa perempuan lainnya. {Foto: MKGS]

Penolakan Tambang Semen Gombong 

Di saat Ganjar Pranowo memimpin rapat RTL-RKL pt Semen Gombong di kantor gubernur (8/4) hari ini, Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong menggelar rapat terbuka di depan sumber mata air Kalisirah, desa Sikayu; yakni di salah satu zona yang jadi bagian dari tata air hidro-karst Gombong selatan.

Rapat terbuka menyikapi perkembangan terakhir ini didominasi kehadiran ibu-ibu yang juga menyampaikan aspirasi dengan megaphone. Seorang perempuan Desa Sikayu, Mujiyati, bahkan sampai menangis manakala menyampaikan orasi penolakan terhadap rencana tambang semen di pegunungan karst terumbu di bagian hulu desanya.

“Kami harap tak ada tambang semen di desa kami”, ujar Mujiyati terbata-bata. Saat KebumenNews mendekati ibu ini setelah berorasi, Sarmiyah dan beberapa perempuan lain nyerocos mendesakkan ketidaksetujuannya terhadap penambangan semen di wilayah ini.

Ratusan warga yang berkumpul di sela kesibukan musim panen padi di desa Sikayu, menggelar aksi di zona sumber Kalisirah yang pernah ditinjau Menteri LHK; dengan membawa poster berisi berbagai tuntutan penolakan tambang.

 

Resistensi Tambang Semen